Kompas.com - 03/04/2017, 06:41 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

WASHINGTON, KOMPAS.com - Duta Besar Amerika Serikat untuk Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) Nikki Haley menegaskan, tidak ada yang perlu diragukan dengan upaya penyelidikan atas dugaan campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden AS.

Dia juga memastikan Presiden Donald Trump akan sepenuhnya mendukung sikap tegas terhadap Kremlin setelah penyelidikan selesai.

Berbicara dalam wawancara di televisi yang disiarkan Minggu (2/4/2017) waktu setempat, Nikki Haley berpendapat tidak ada kontradiksi antara sikap keras dan pernyataan Trump yang seolah berusaha membantah peran Rusia.

Haley bahkan mengaku, Trump "belum pernah" menyuruhnya berhenti "memukuli Rusia" terkait isu ini.

Haley selama ini "bergabung" dengan Menteri Pertahanan James Mattis, menjadi pejabat pemerintah Trump yang tegas mengejar Rusia terkait dugaan campur tangan selama kampanye pilpres AS 2016.

"Kami tidak ingin negara mana pun campur tangan dalam pemilu kami, tak akan pernah," kata Haley.

"Kami akan sangat kuat dengan pendirian kami tersebut," tegas Haley, seperti dilansir Associated Press.

Sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin telah membantah negaranya mencampuri proses pemilihan presiden 2016 antara Trump dan kandidat Partai Demokrat Hillary Clinton.

Sementara, Trump sendiri telah mengatakan ia yakin tuduhan bahwa Rusia mencampuri pemilu di AS adalah "berita palsu". Termasuk keterlibatan para stafnya dalam dugaan koneksi dengan Kremlin.

Tak lama setelah kemenangan Trump dalam pilpres AS,  Badan-badan intelijen AS melaporkan bahwa Rusia mencoba untuk membantu upaya kampanye Trump.

Selanjutnya, FBI serta komite kongres sedang menyelidiki apakah pemerintah Rusia dikoordinasikan dengan Trump rekan selama kampanye.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.