Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dubes AS di PBB: Trump Bakal Dukung Sikap Tegas terhadap Kremlin

Kompas.com - 03/04/2017, 06:41 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Duta Besar Amerika Serikat untuk Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) Nikki Haley menegaskan, tidak ada yang perlu diragukan dengan upaya penyelidikan atas dugaan campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden AS.

Dia juga memastikan Presiden Donald Trump akan sepenuhnya mendukung sikap tegas terhadap Kremlin setelah penyelidikan selesai.

Berbicara dalam wawancara di televisi yang disiarkan Minggu (2/4/2017) waktu setempat, Nikki Haley berpendapat tidak ada kontradiksi antara sikap keras dan pernyataan Trump yang seolah berusaha membantah peran Rusia.

Haley bahkan mengaku, Trump "belum pernah" menyuruhnya berhenti "memukuli Rusia" terkait isu ini.

Haley selama ini "bergabung" dengan Menteri Pertahanan James Mattis, menjadi pejabat pemerintah Trump yang tegas mengejar Rusia terkait dugaan campur tangan selama kampanye pilpres AS 2016.

"Kami tidak ingin negara mana pun campur tangan dalam pemilu kami, tak akan pernah," kata Haley.

"Kami akan sangat kuat dengan pendirian kami tersebut," tegas Haley, seperti dilansir Associated Press.

Sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin telah membantah negaranya mencampuri proses pemilihan presiden 2016 antara Trump dan kandidat Partai Demokrat Hillary Clinton.

Sementara, Trump sendiri telah mengatakan ia yakin tuduhan bahwa Rusia mencampuri pemilu di AS adalah "berita palsu". Termasuk keterlibatan para stafnya dalam dugaan koneksi dengan Kremlin.

Tak lama setelah kemenangan Trump dalam pilpres AS,  Badan-badan intelijen AS melaporkan bahwa Rusia mencoba untuk membantu upaya kampanye Trump.

Selanjutnya, FBI serta komite kongres sedang menyelidiki apakah pemerintah Rusia dikoordinasikan dengan Trump rekan selama kampanye.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com