Kompas.com - 31/03/2017, 11:11 WIB
EditorErvan Hardoko

HELSINKI, KOMPAS.com - Jika para selebriti seperti John Travolta atau Tom Cruise menerbangkan pesawat sendiri, itu mungkin sudah biasa.

Namun, jika seorang pemimpin pemerintahan menerbangkan pesawat dalam rangka kunjungan dinas ke negara lain, maka hal itu baru langka.

Itulah yang dilakukan PM Finlandia Juha Sipila. Sejak menduduki jabatannya pada Mei 2015, Sipila menerbangkan sendiri pesawat ke 19 kunjungan kerja di dalam dan luar negeri.

Tahun lalu, Sipila (55), tercatat terbang sejauh 5.000 kilometer dari Finlandia menuju ibu kota Mongolia, Ulan Bator untuk menghadiri KTT Asia-Eropa.

Dia mengulangi lagi petualangannya sejauh 1.400 kilometer ke Bratislava, Slovakia untuk menghadiri pertemuan para pemimpin Eropa.

Pria yang dikenal lembut dalam berbicara itu adalah seorang insinyur yang sudah memiliki kekayaan jutaan euro sebagai pengusaha IT sebelum menjadi perdana menteri.

Dalam kampanyenya Sipila sudah berjanji akan "memperbaiki Finlandia" dan mengembalikan perekonomian negeri Eurozone itu ke jalurnya.

Dan, semua bukan omong kosong, Sipila sejauh ini sudah memenuhi janji-janji kampanyenya.

Apa alasan Sipila menerbangkan sendiri pesawatnya? Hal utama adalah untuk menghemat biaya yang dikeluarkan negara.

Untuk perjalanan dinas, Sipila menggunakan pesawat jet sewaan yang biasanya hanya bisa mengangkut enam hingga delapan orang penumpang.

Halaman:
Sumber AFP



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.