Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ambulans Jadi Tempat Pelacuran di Kopenhagen

Kompas.com - 31/03/2017, 06:50 WIB

KOPENHAGEN, KOMPAS.com - Seorang pengusaha Denmark, Michael Lodberg Olsen, menyulap sebuah ambulans bekas menjadi tempat para penjaja seks melayani pelanggan-pelanggan mereka di kota Kopenhagen.

Ia berdalih, langkah itu bertujuan membantu para pelacur dari risiko kekerasan dan eksploitasi. Sesudah ini, masih banyak upaya lain yang masuk daftar gagasan-gagasan Michael.

Michael Lodberg Olsen mengajak BBC untuk melihat sebuah ambulans tua, yang sudah lama tidak dipakai.

"Jadi apa yang terjadi di sini?" tanya BBC.

"Seks," jawabnya sembari mengedipkan matanya dan tergelak.

Saat reporter BBC melangkah masuk, suasana dalam ambulans tidak terlalu membangkitkan.

Segalanya masih terasa berbau medis. Dindingnya abu-abu, ada kursi biru, dan dingin sekali dengan suhu satu derajat Celsius dan di luar salju turun.

Namun, ambulans tua yang disebut Sexelance ini menjadi ruang aman bagi pekerja seks di Kopenhagen.

Mereka bisa membawa langganan ke sini dengan sepengetahuan para relawan di sekitarnya, yang siap bertindak jika hal-hal buruk terjadi.

Statistik menunjukkan bahwa hal itu sering terjadi.

"Sebanyak 45 persen pekerja seks Denmark mengalami kekerasan atau ancaman, namun di rumah bordil persentasenya hanya 3 persen," jelas Michael, yang menggunakan angka-angka dari Pusat Penelitian Sosial Denmark.

Yang menjadi sasaran bantuan Michael adalah para pelacur yang menjajakan seks di jalanan karena tidak mampu menggunakan rumah bordil.

Sexelance digunakan secara gratis karena kendati prostitusi sudah disahkan di Denmark sejak tahun 1999, namun masih dianggap melanggar hukum jika para pekerja seks menyewa kamar atau menyewa jasa untuk bisnis mereka.

Selain tersedia para relawan untuk memberikan perlindungan, di dalam ambulans juga ada pengumuman di dinding yang berbunyi, "Polisi akan dipanggil jika terjadi tanda-tanda kekerasan".

Juga ada seruan agar para pekerja seks segera menghubungi pihak berwenang jika mereka menjadi korban perdagangan manusia.

Di dalam ruangan juga terdapat beberapa sarana untuk membantu aktivitas pekerja seks. Ada juga pemanas ruang yang dijalankan dari genset yang diletakkan di luar.


BBC Fixelance dulunya digunakan untuk di kawasan-kawasan yang dikenal oleh para pengguna narkoba.
Semua peralatan ini disediakan atas masukan para pekerja seks sendiri.

"Orang-orang ini adalah tetangga saya dan teman-teman saya, jadi saya mendengarkan mereka, mereka memiliki gagasan-gagasan terbaik atas apa yang mereka butuhkan," kata Michael.

Misalnya, ada pekerja seks yang mengatakan lutut mereka sering sakit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com