Kompas.com - 30/03/2017, 08:24 WIB
EditorPascal S Bin Saju

ADEN, KOMPAS.com - Pesawat tanpa awak Amerika Serikat telah menarget sebuah kendaraan di Yaman tengah sehingga empat terduga anggota kelompok teroris Al Qaeda tewas.

Warga setempat di Yaman, Rabu (29/3/2017), mengatakan, serangan itu adalah bagian dari upaya meningkatkan perlawanan terhadap kelompok pemberontak Houthi yang didukung oleh Iran.

Mereka mengatakan, serangan di Amqoz, Moudiya, Provinsi Abyan, itu berlangsung pada Selasa (28/3/2017) tengah malam. Akibat serangan itu, empat orang tewas terpanggang di dalam kendaraan mereka yang terbakar.

Para saksi mata di sekitar lokasi kejadian mengatakan, beberapa suara serangan peluru kendali terdengar di pos terduga Al Qaeda di daerah Wadi al-Naseel, yang juga berada di Abyan.

Namun, mereka tidak mengetahui jumlah korban secara pasti seperti dilaporkan Reuters.

Abyan adalah salah satu dari beberapa provinsi di Yaman tengah dan selatan, yang dikuasai kelompok Al Qaeda Semenanjung Arab (AQAP) dan milisi lokal yang tergabung dengan Ansar al-Sahria, sebagai wilayah operasi mereka.

Amerika Serikat pada Februari 2017 telah berulang kali melancarkan serangan terhadap pasukan AQAP, dengan menggunakan pesawat tempur maupun pesawat tak berawak.

AQAP memanfaatkan perang saudara di Yaman selama dua tahun ini untuk merekrut pengikut baru guna membangun dominasi kuat di bagian tengah dan selatan negara Arab.

Pentagon mengatakan bahwa serangan mereka pada 2 Maret terhadap AQAP berhasil membunuh Yasir al Silmi, yang juga dikenal sebagai Mohammed Tahar, bekas tahanan di pusat penahanan AS di Teluk Guantanamo, Kuba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.