Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Negara Palestina, Liga Arab Mengultimatum Israel

Kompas.com - 30/03/2017, 07:31 WIB

AMMAN, KOMPAS.com - Para pemimpin Timur Tengah yang tergabung dalam Liga Arab yang tengah menggelar pertemuan di Jordania, kembali mengukuhkan dukungan mereka atas pendirian negara Palestina yang merdeka.

Mereka juga mendesak Israel untuk mundur dari tanah-tanah Arab yang mereka duduki sejak tahun 1967.

Para pemimpin Arab mengatakan, ini harus diwujudkan sebelum ada normalisasi hubungan dengan Israel.

Pernyataan tersebut dikeluarkan satu bulan setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan pihaknya tak masalah dengan solusi satu atau dua negara, untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina.

Para pendahulu Trump adalah pendukung solusi dua negara. Namun, pernyataan Trump membuat khawatir para pemimpin Arab.

Sejauh ini Trump belum secara spesifik merumuskan kebijakan luar negeri Washington atas konflik Israel-Palestina, namun menegaskan bahwa solusi dua negara bukan satu-satunya pilihan.

Palestina ingin mendirikan negara dengan wilayah yang terdiri atas Tepi Barat, Jalur Gaza, dan Jerusalem Timur, kawasan yang direbut Israel dalam perang pada 1967.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, belum secara resmi meninggalkan solusi dua negara namun tak lagi menyinggung opsi ini dalam pidato-pidato resmi sejak Trump terpilih sebagai presiden AS.

Pernyataan para pemimpin Liga Arab di akhir pertemuan ini mendesak masyarakat internasional untuk tidak memindahkan kedutaan mereka dari Tel Aviv ke kota sengketa Jerusalem.

Beberapa kalangan mengatakan pernyataan ini secara khusus ditujukan ke pemerintah AS yang ingin memindahkan kantor kedutaan AS ke Jerusalem.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com