Kompas.com - 29/03/2017, 17:26 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

GREAT FALLS, KOMPAS.com - Seorang pengawas perpustakaan mengembalikan sebuah buku yang dia curi sejak tahun 1982 dari Perpustakaan Montana, Amerika Serikat.

Pengawas yang tak diungkap identitasnya tersebut setidaknya sudah 25 kali membaca buku yang dilengkapi dengan tanda tangan sang penulis. 

Lelaki itu mengaku, novel karya Richard Matheson tahun 1975, "Bid Time Return" yang dicurinya, telah mengganggu hidupnya.

Sebagai bentuk penyesalan, selain mengembalikan buku tersebut.

Dia pun memberikan sumbangan sebesar 200 dollar AS atau kira-kira Rp 2,6 juta untuk Perpustakaan Umum Great Falls, sambil meminta pengampunan atas ulahnya. 

Lelaki itu merasa novel tersebut sangat menarik dan menjadi salah satu novel fiksi ilmiah/ romansa terbaik yang pernah dibuat.

Kabar ini dilansir the Great Falls Tribune, seperti dikutip Associated Press, Selasa (28/3/2017).

Novel itu bercerita tentang seorang lelaki sekarat yang jatuh cinta dengan sesosok perempuan di dalam foto. Lelaki itu pun berkehendak kembali ke masa di kala perempuan itu hidup.

"Ini bukan buku milik saya. Buku ini koleksi perpustakaan umum Great Falls, yang secara salah saya ambil," kata lelaki itu.

"Ya, jika anda mau memberi pertimbangan, selama ini buku tersebut dirawat dan dicintai. Lalu, ketahuilah, saya menyesal mengambil buku itu," ungkap dia dalam sebuah catatan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.