Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eskalator Mendadak Berbalik Arah di Hong Kong, 18 Orang Cedera

Kompas.com - 26/03/2017, 16:50 WIB

HONG KONG, KOMPAS.com - Sedikitnya 18 orang mengalami cedera ketika sebuah eskalator di Langham Place Mall, Hong Kong, tiba-tiba berjalan berbalik arah dalam kecepatan tinggi, Sabtu (25/3/2017) sore waktu setempat.

Video tentang kejadian itu tersebar luas di media sosial. Dalam video itu, eskalator sepanjang 45 meter yang menghubungkan lantai 4 dan 8 tersebut tampak penuh oleh pengunjung.

Ada dua eskalator yang terlihat dalam video tersebut, keduanya berjalan normal dengan arah berlawanan.

Beberapa saat kemudian, eskalator yang tengah bergerak naik tiba-tiba berbalik mengarah turun dua kali lebih cepat dari kecepatan normal. Eskalator di sebelahnya tetap berjalan normal.

"Saya mendengar orang-orang berteriak... eskalatornya (berbalik) turun tapi kecepatannya lebih tinggi," kata seorang korban bernama Tina seperti dikutip South China Morning Post.

Saksi mata menyebutkan, ada 14 wanita dan empat pria yang mengalami cedera akibat bertabrakan di ujung eskalator tersebut.

Polisi setempat menyatakan, seorang pria mengalami cedera serius di kepala dan dibawa ke Queen Elizabeth Hospital.

Anggota Komite Penasihat Keselamatan Lift dan Eskalator, Charles Wong Kai-hon, menyebutkan, ada kemungkinan hal tersebut terjadi akibat tidak berfungsinya salah satu dari dua rem pada eskalator.

General Manager Langham Place David Chiu Chi-kin mengatakan, tangga berjalan itu sempat dihentikan selama 15 menit sebelum insidne itu terjadi. Penghentian sementara dilakukan untuk mengendalikan jumlah pengunjung yang menggunakan eskalator tersebut.

Ia menegaskan bahwa kecelakaan yang terjadi setelah itu tidak berkaitan dengan penghentian sementara itu.

Juru bicara Langham Place mengatakan, eskalator itu baru saja diperiksa pada 23 Maret atau dua hari sebelum kejadian dan tidak ada hal aneh di eskalator itu.

Pengecekan berkala di pusat perbelanjaan itu dilakukan dua kali dalam setahun, sementara ada juga pemeriksaan rutin sekali dalam dua pekan.

Saat ini Otis Elevator Company selaku pengelola eskalator tersebut tengah menginvestigasi insiden tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com