Kompas.com - 23/03/2017, 06:57 WIB
EditorErvan Hardoko

ANKARA, KOMPAS.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Rabu (22/3/2017), memperingatkan keselamatan warga Uni Eropa di seluruh dunia terancam jika perlakuan buruk terhadap Turki terus berlanjut.

"Jika Anda terus berperilaku seperti ini, besok di seluruh dunia, tak ada warga Eropa atau Barat yang bisa berada di jalanan dengan aman," ujar Erdogan dalam pidatonya di Ankara.

Erdogan tak merinci maksud pernyataannya itu tetapi nampaknya dia ingin mengatakan warga Eropa akan mengalami perlakuan sama seperti yang dirasakan bangsa Turki dan Muslim di benua itu.

Hubungan Turki dan Uni Eropa memburuk sejak sejumlah pejabat tinggi negeri itu ditolak masuk ke beberapa negara untuk berkampanye jelang referendum pada 16 april mendatang.

Penolakan itu kemudian disebut Erdogan sebagai perilaku Nazi, meningkatnya rasialisme, dan Islamofobia di Eropa.

"Turki bukan negeri yang bisa ditekan, dipermainkan kehormatannya, diusir para menterinya, dan dihina warga negaranya," ujar Erdogan.

"Dunia memperhatikan Eropa. Kami sebagai bangsa Turki mendesak Eropa agar menghormati demokrasi, hak asasi manusia, dan kebebasan," tambah dia.

Pernyataan Erdogan yang membandingkan beberapa negara Eropa dengan Nazi dikecam Uni Eropa, Jerman, dan Belanda. Kondisi ini semakin menipiskan peluang Turki untuk bergabung dalam pakta Uni Eropa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.