Kompas.com - 23/03/2017, 06:43 WIB
EditorErvan Hardoko

LONDON, KOMPAS.com - Kepolisian London menduga serangan di gedung parlemen Inggris yang sejauh ini menewaskan empat orang dan melukai 40 orang merupakan serangan yang terkait dengan Islam radikal.

"Asumsi kami serangan ini adalah terorisme terkait Islam radikal," kata wakil komisioner sekaligus kepala satuan anti-terorisme kepolisian metropolitan London, Mark Rowley kepada jurnalis.

Serangan ini diawali di Jembatan Westminster tak jauh dari Big Ben salah satu ikon kota London yang menjadi salah satu tujuan wisata paling populer di ibu kota Inggris tersebut.

Mobil yang dikendarai tersangka penyerang menabrak pejalan kaki di jembatan itu sebelum menabrak pagar yang mengelilingi gedung parlemen.

Penyerang kemudian berlari menerobos gerbang sambil menghunus sebilah pisau dan menikam seorang polisi berusia 48 tahun hingga tewas.

Seorang petugas lainnya kemudian menembak mati si penyerang beberapa saat setelah menyerang.

Serangan ini terjadi tepat satu tahun setelah ISIS menyerang bandara dan stasiun kereta api bawah tanah di Brussels, Belgia dan menewaskan 32 orang.

Akibat serangan tersebut, gedung parlemen Inggris sempat ditutup selama beberapa jam dan ratusan politisi serta turis dievakuasi ke Westminster Abbey dan markas kepolisian metropolitan London.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.