Kompas.com - 22/03/2017, 22:40 WIB
EditorPascal S Bin Saju

BRUSSELS, KOMPAS.com - Para pemimpin Belgia, korban selama, dan keluarga mereka yang tewas akibat serangan bom bunuh diri 22 Maret 2016 di sebuah bandara dan stasiun kereta bawah tanah di Brussels, Rabu (22/3/2107), memperingati satu tahun tragedi yang menewaskan 32 orang itu.

Raja Philippe dan permaisurinya, Mathilde, bergabung dengan Perdana Menteri Charles Michel di Bandara Zaventem, Brussels, lokasi di mana dua pengebom bunuh diri meledakan diri mereka di terminal keberangkatan penumpang pada suatu pagi yang sibuk.

Staf bandara, personil keamanan, dan sejumlah perwakilan tim tanggap darurat tampak berdiri menyaksikan Raja Philippe meletakkan karangan bunga di luar terminal keberangkatan di Zaventem, di mana 16 orang tewas.

Nama-nama korban dibacakan dalam suasana yang khidmat dengan diiringi musik cello. Di dalam area keberangkatan, sebuah karangan bunga raksasa diletakkan.

Menurut kelompok teror Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS), yang mengklaim mendalangi aksi itu, lebih dari 300 orang terluka dalam serangan itu.

Namun, pihak berwenang menyatakan, sekitar 900 orang di Belgia mengaku menderita truma fisik dan mental akibat serangan tersebut.

Peringatan serupa juga berlangsung di stasiun kereta bawah tanah Maelbeek, di mana 16 orang lainnya dilaporkan tewas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.