Kompas.com - 22/03/2017, 06:19 WIB
EditorErvan Hardoko

GUATEMALA CITY, KOMPAS.com - Salah satu geng kriminal paling ditakuti di Guatemala, Barrio 18, menggelar serangan maut terhadap polisi di seluruh penjuru negeri itu.

Serangan tersebut dilakukan menyusul serbuan polisi terhadap sebuah penjara yang dikuasai anggota geng Barrio 18 pada Senin (20/3/2017).

Kepolisian Guatemala kini dalam kondisi siaga penuh setelah setidaknya sembilan serangan terhadap kantor-kantor polisi mengakibatkan tiga polisi tewas dan tujuh lainnya terluka.

Menurut menteri dalam negeri Francisco Rivas sebanyak 13 tersangka anggota geng ditahan pasca-serangan itu.

Polisi juga menyita sejumlah senjata termasuk sebuah peluncur granat, lima pucuk senapan serbu, empat pucuk pistol, dan dua rompi antipeluru serta sejumlah kendaraan.

"Serangan ini merupakan reaksi oleh sebuah organisasi kejahatan terhadap serbuan polisi ke penjara pada Senin lalu," kata Rivas, Selasa (22/3/2017).

Penyerbuan penjara Stage II di kota San Jose de Pinula, tak jauh dari ibu kota Guatemala City, dilakukan setelah puluhan narapidana anggota Bario 18 memberontak, menewaskan beberapa sipir, dan menyandera empat sipir lainnya.

Bangunan itu sebenarnya adalah penjara anak-anak, tetapi hampir 200 narapidana yang menjalani hukuman berusia di atas 18 tahun.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.