Kompas.com - 22/03/2017, 05:53 WIB
EditorErvan Hardoko

ANKARA, KOMPAS.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memperingatkan, negerinya akan mengevaluasi hubungan dengan Uni Eropa yang "fasis dan kejam" usai referendum bulan depan.

Serangan Erdogan terhadap beberapa negara Eropa, termasuk menyebut Jerman menggunakan taktik Nazi, memicu kegeraman Kanselir Angele Merkel.

Merkel yang sejatinya adalah salah satu sekutu politik terdekat Erdogan pada Selasa (21/3/2017) mengatakan, Erdogan kini "tak diterima" di Jerman.

Dalam pidato hariannya yang isinya lagi-lagi mengecam Uni Eropa, Erdogan menegaskan, Turki akan menjadi lebih kuat setelah referendum berakhir.

Nantinya, lanjut Erdogan, Turki akan mengevaluasi hubungan negeri itu dengan Uni Eropa.

"Setelah (referendum) 16 April, kita akan duduk bersama. Kondisi ini tak bisa berlanjut. Kita, sebagai bangsa Turki, akan melakukan apa yang harus dilakukan," ujar Erdogan dalam sebuah acara di Ankara yang seharusnya membahas soal masalah kehutanan.

Erdogan menegaskan, tak akan mengizinkan Uni Eropa mendikte negeri itu dengan mengancam akan menunda aplikasi Turki untuk bergabung dengan blok ekonomi itu.

Erdogan juga menegaskan, Uni Eropa tak bisa lagi mengancam Turki untuk menunda pembayaran sesuai kesepakatan imigran yang diteken tahun lalu.

"Masa-masa itu sudah berakhir," ujar Erdogan.

Negosiasi bergabungnya Turki dengan Uni Eropa sudah dimulak sejak 2005, tetapi Turki tak terlalu optimistis negeri itu bisa bergabung dengan blok ekonomi tersebut.

Halaman:
Sumber Telegraph


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.