Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Konstruksi Perancis Tolak Bangun Tembok Batas AS-Meksiko

Kompas.com - 21/03/2017, 16:36 WIB

PARIS, KOMPAS.com - Direktur perusahaan konstruksi asal Perancis, Vinci, Selasa (21/3/2017), menegaskan, perusahaannya tidak akan berpartisipasi dalam pembangunan tembok perbatasan AS-Meksiko yang digagas Presiden Donald Trump.

"Saya mempertimbangkan realitas perusahaan saya, budaya kami, cara kami melakukan sesuatu dan sensitifitas kami, bukan hanya bagi kolega Amerika kami tetapi di seluruh dunia," ujar Xavier Huilard, CEO Vinci.

"Maka dari itu, dan ini bukan penilaian kami untuk seluruh Amerika Serikat, kami memilih untuk tidak menyentuh tembok itu," tambah Huillard.

Tembok pembatas yang digagas Trump akan didirikan sepanjang perbatasan AS-Meksiko bernilai miliaran dolar tetapi proyek itu kini menjadi penyebab krisis diplomatik antara kedua negara serta dikecam di seluruh dunia.

"Jika kami memutuskan untuk melakukan hal-hal yang mungkin akan menyinggung sebagian besar karyawan kami, saya kira sebaiknya kami menghindari itu," lanjut Huillard.

Vinci adalah perusaan terakhir yang mempertaruhkan reputasinya dengan menolak proyek raksasa bernilah miliaran dolar itu.

Sebelumnya perusahaan konstruksi lain asal Perancis yang juga rival Vinci, Bouygues bulan lalu mengatakan tidak tertarik dengan proyek Donald Trump itu karena menilai tidak memiliki kompetensi untuk pembangunan tembok itu.

Namun, kelompok usaha Perancis-Swiss LafargeHolcim siap menjual semen produknya untuk proyek kontroversial itu.

"Kami siap memasok kebutuhan klien kami. Dan kami tak memiliki pandangan politik apapun dalam hal ini," kata CEO LafargeHolcim, Eric Olsen kepada AFP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com