Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terkait Uji Coba Rudal, Korea Utara Alami Kemajuan "Berarti"

Kompas.com - 20/03/2017, 14:02 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Uji coba roket terbaru Korea Utara menunjukkan kemajuan yang "berarti". Demikian disampaikan pemerintah Korea Selatan, Senin (20/3/2017).

Sementara itu, para analis mengatakan, Korea Utara sudah mencapai langkah yang berbahaya dalam mengembangkan roket yang bisa menghantam Amerika Serikat.

Kantor berita Korea Utara KCNA mengabarkan, mesin roket yang diuji coba itu akan membantu negeri tersebut memiliki kemampuan peluncuran roket kelas dunia.

Hal tersebut mengindikasikan bahwa Korea Utara sudah memiliki sebuah mesin roket jenis baru untuk sebuah rudal balistik antarbenua.

Sementara itu, KCNA mengabarkan, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un memuji suksesnya uji coba itu dan menyebutnya sebagai "kelahiran kembali" industri roket Korea Utara.

Pengumuman Korea Utara terkait suksesnya uji coba itu muncul bersamaan dengan kunjungan Menlu AS Rex Tillerson di Beijing untuk membicarakan masalah Korea Utara.

"Uji coba ini, diketahui bahwa fungsi mesin itu sudah mengalami kemajuan berarti tetapi dibutuhkan analisa lebih lanjut untuk mengetahui daya dorong dan kemampuannya," kata Lee Jin-woo, deputi juru bicara Kemenhan Korea Selatan.

Namun, Lee tidak merinci bentuk kemajuan yang dialami Korea Utara itu atau soal kemampuan mesin itu jika dipasang untuk sebuah rudal balistik antarbenua (ICBM).

Korea Utara telah melakukan lima kali uji coba senjata nuklir dan serangkaian peluncuran rudal sebagai bentuk perlawanan terhadap sanksi PBB.

Para pakar yakin, Korea Utara tengah mengembangkan sebuah rudal yang mampu membawa hulu ledak nuklir untuk menghantam wilayah Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com