Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/03/2017, 14:56 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Perintah Amerika Serikat menantikan pertemuan antara Presiden Donald Trump dan koleganya, Presiden China Xi Jinping.

Harapan itu diungkapkan Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson, Minggu (19/3/2017), di Beijing.

Beijing menjadi kota terakhir yang dia singgahi dalam rangkaian lawatannya ke Asia.

Kunjungan Menlu AS ke Jepang, Korea Selatan, dan China didominasi dengan pembahasan mengenai perkembangan program nuklir dan peluru kendali Korea Utara.

Dalam pembicaraan dengan Xi di Beijing, Tillerson mengatakan, Trump merasa kesempatan berbicara dengan Presiden China sebagai suatu hal yang sangat bernilai.

Selanjutnya, Trump menantikan kesempatan untuk bisa berkunjung langsung ke China di masa mendatang.

Tillerson lalu mengatakan, ada rencana kedua Kepala Negara untuk bertemu di Florida bulan depan.

Sementara beberapa rincian dari pembicaraan telah dirilis, Tillerson disebut muncul dengan nada ramah selama pertemuan di Beijing.

Sikap ini kontras dengan gaya keras yang dilakukan Trump ketika berbicara mengenai persaingan ekonomi China selama masa kampanye.

"Baik Presiden Trump maupun saya, percaya bahwa kita perlu menyusun upaya bersama untuk mengembangkan kerjasama China dan AS," kata Presiden Xi.

"Kami pun percaya, bahwa ke depan hubugan kedua negara akan berkembang dalam bentuk yang konstruktif di era yang baru," sambung dia.

Tillerson mengunjungi Beijing setelah sebelumnya dia mendarat di Korea Selatan, dalam upaya antisipasi terhadap kemungkinan aksi militer Korut, dengan pengembangan senjata nuklirnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com