Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/03/2017, 16:12 WIB

Pada awal Maret 2017, saat ditemukan di sebuah kolam lumpur di Mesir, potongan patung raksasa ini diduga bagian patung Ramses II.  Kini ada dugaan, potongan batu kuarsit ini adalah patung Firaun Psamtik I.

Sebuah tim arkeolog menemukan dua potongan patung firaun berusia 3.200 tahun dan setinggi 2,5 meter itu di tengah permukiman kumuh di pinggiran Kairo, ibu kota Mesir, Kamis (9/3/2017).

Peninggalan bersejarah itu ditemukan di Distrik Mattarya, situs yang menjadi ibu kota Heliopolis, firaun kuno, yang saat ini telah berubah menjadi disrik pekerja kelas bawah di Kairo timur.

Beberapa bagian patung raksasa yang mengalami kerusakan ini sebelumnya sudah diangkut.

Patung raksasa atau Colossus ini tadinya dikira patung Ramses Agung, salah satu firaun yang paling penting dalam sejarah Mesir. Namun tampaknya bukan…

Potongan patung raksasa ini, kemungkinan diduga sebagai bagian dari patung Firaun Psamtik I, penguasa Mesir pada 664 sampai 610 sebelum Masehi.

Pekerja konstruksi juga mengangkut patung batu kuarsit Raja Seti II dari lumpur. Ia adalah cucu Ramses II yang memerintah Mesir selama 66 tahun dari 1279 tahun sebelum Masehi.

Khaled Desouki/AFP Patung raja dan ratu dari dinasti abad ke-19 (1295 - 1185 sebelum Masehi) ditemukan dalam sebuah penggalian di Distrik Mattarya, situs yang menjadi ibu kota Heliopolis, di pinggiran Mesir.
Penemuan besar

Dengan menggunakan mesin derek, bagian patung ditarik keluar lubang air.

Arkeolog Mesir terkemuka dan mantan menteri peninggalan purbakala, Sahi Hauass, tadinya begitu yakin bahwa patung ini adalah patung Ramses II.

Namun setelah diteliti, ukiran pada patung berukuran besar tersebut menampilkan salah satu dari lima nama Psamtek I. Sejauh ini Mesir belum berani memberi konfirmasi.

Apakah ini patung Ramses II atau Psamtik I, yang jelas warga tetap saja antusias melihat potongan patung raksasa itu.

Warga distrik Mattarya (al-Matarija) di Kairo timur bertepuk tangan ketika tubuh patung bagian atas itu diangkut dari kurangan lumpur.

Di situs itu sebelumnya berdiri kota kuno Heliopolis. Beberapa penelitian menyebutkan, ada sisa-sisa kuil Ramses II ditemukan di sini.

Lingkungan miskin

Halaman:
Sumber DW/AFP/AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com