Kompas.com - 18/03/2017, 10:56 WIB
EditorPascal S Bin Saju

BEIRUT, KOMPAS.com - Kelompok oposisi Suriah, Ahrar al-Sham, Jumat (7/3/2017) mengatakan, koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) adalah pelaku serangan ke sebuah masjid di dekat Aleppo, Kamis (16/3/2017) malam, sehingga 49 orang tewas.

Pentagon, AS, membantah tuduhan itu dan, dalam langkah yang jarang dilakukan, menunjukkan gambar dari udara untuk memperlihatkan masjid yang utuh dan bangunan yang hancur di seberang jalan, seperti dilaporkan Reuters.

Organisasi Pemantau Hak Asasi Manusia Suriah (SOHR) mengatakan, jet tempur telah menggempuri sebuah masjid di desa al-Jina, dekat bagian barat provinsi Aleppo, beberapa kilometer dari provinsi Idlib, Kamis malam.

SOHR mengatakan, serangan udara telah menewaskan sedikitnya 49 orang dan melukai puluhan lainnya, yang sebagian besar di antaranya merupakan warga sipil yang sedang mengikuti pelajaran agama.

Harian The Independent mengutip SOHR, melaporkan, lebih dari 300 orang berkumpul di Masjid Umar ibn Al-Khattab di desa al-Jina ketika serangan berlangsung. Namun, ada 46 orang tewas.

Di Washington, juru bicara Pentagon, Kapten Jeff Davis, mengatakan ia meyakini bahwa puluhan pejuang sayap Al Qaeda terbunuh dalam serangan Kamis itu.

Serangan itu, katanya, dilakukan  oleh pesawat-pesawat AS yang berawak maupun nirawak, ke sebuah tempat pertemuan Al Qaeda di desa al-Jina, Aleppo.

Ia menambahkan bahwa militer AS belum menerima tuduhan yang dapat dipercaya menyangkut korban warga sipil, termasuk di media sosial.

Serangan-serangan udara di wilayah itu selama ini dilakukan oleh AS, bukan koalisi internasional yang dipimpinnya, terhadap kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS ) –gerombolan yang beroperasi jauh ke arah timur.

Jet-jet militer Suriah dan Rusia juta telah melakukan serangkaian serangan udara ke Idlib dan wilayah barat Aleppo, yang dikuasai oleh para oposisi yang ingin menggulingkan Presiden Bashar al-Assad.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.