Kompas.com - 17/03/2017, 13:10 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

WASHINGTON, KOMPAS.com - Setelah sempat tertunda akibat badai salju yang melanda Washington sepekan kemarin, akhirnya pada Jumat (17/3/2017) ini, Presiden Amerika Serikat Donald Trump bisa bertemu Kanselir Jerman Angela Merkel.

Diberitakan AFP, Merkel dan Trump bertemu di the Oval Office. Pertemuan kali ini diharapkan bisa menutup perbedaan pandang antara kedua negara terkait sejumlah isu. 

Antara lain mengenai pakta pertahanan atlantik utara (NATO), tentang Rusia, perdagangan global dan sejumlah isu lainnya. 

Sebelumnya, pembicaraan ini dijadwalkan berlangsung Selasa lalu. Namun kondisi cuaca di AS saat itu memaksa jadwal tersebut di tata ulang. 

Baca: Trump Disebut Bakal Minta Pendapat Merkel Soal Putin

Selama bertahun-tahun, Merkel telah menjadi pemimpin dunia yang paling dekat dengan Presiden Barack Obama.

Keduanya memiliki hubungan yang kuat dan kerap berbagi dukungan. Obama dan Merkel pun dikenal memiliki cara pendekatan yang sama dalam kepemimpinannya. 

Dengan Trump, Merkel mungkin akan menghindari argumentasi terbuka.

Sebelum  pertemuan ini, hubungan kedua Kepala Pemerintahan ini sempat menghangat. Trump menyebut kebijakan Merkel yang menerima laju pengungsi sebagai sebagai kesalahan. 

Tak hanya itu, Trump pun mengatakan Merkel telah mengacaukan Jerman dengan kebijakannya tersebut. 

Halaman:
Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.