Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Partai Anti-Islam Kalah dalam Pemilu Belanda, Eropa Merasa Lega

Kompas.com - 16/03/2017, 13:42 WIB

AMSTERDAM, KOMPAS.com - Partai Kebebasan yang awalnya diduga akan meraup suara besar dalam pemilihan umum Belanda ternyata gagal menang.

Partai yang dikenal sangat anti-Islam ini ternyata hanya meraup 18 persen suara. Alhasil, Partai VVD pimpinan PM Mark Rutte keluar sebagai pemenang pemilu.

Hasil perhitungan awal menunjukkan PM Mark Rutte dengan partainya yang berhaluan kanan tengah akan memenangkan 31 dari 150 kursi.

Tiga partai diproyeksikan sama-sama meraup 19 kursi yaitu Partai Kebebasan (PVV) yang anti-imigrasi pimpinan Geert Wilders, Partai Kristen Demokrat dan D66.

Sebelumnya, partai pimpinan Wilders sempat unggul jauh dalam jajak pendapat, namun dukungan untuk mereka memudar dalam beberapa hari terakhir.

"Hari ini adalah pesta demokrasi. Rakyat Belanda telah mengatakan tidak untuk populisme yang salah," ujar Rutte merujuk pada partai populis PVV pimpinan Geert Wilders.

Partai VVD pimpinan PM Rutte telah kehilangan beberapa kursi sejak pemilu terakhir, dan kali ini mereka diperkirakan makin terpuruk akibat beralihnya dukungan kepada Partai Kebebasan Geert Wilders.

Namun hasil penghitungan awal ternyata menunjukkan sebaliknya.

Para pengamat beranggapan, partai-partai liberal dan pro-Uni Eropa diuntungkan oleh tingginya angka pemilih.

Partisipasi dalam pemilihan umum kali ini mencatat rekor tertinggi selama 30 tahun, dengan 81 persen pemilih datang ke berbagai TPS.

Dunia memantau Pemilu Belanda ini dengan seksama, sebagai indikasi bagaimana partai-partai populis anti-pendatang itu mendapat dukungan dalam pemilu di sejumlah negara Uni Eropa lain.

Perancis akan menyelenggarakan pemilihan presiden bulan depan, sementara Jerman akan mengadakan pemilihan umum pada bulan September.

Sehingga kemenangan partai pimpinan PM Rutte dan terpuruknya partai Geert Wilders disambut kelegaan para pemimpin Eropa.

Kanselir Jerman Angela Merkel segera menelpon PM Rutte untuk mengucapkan selamat, sementara Perdana Menteri Luksemburg Xavier Bettel melakukannya lewat Twitter.

Martin Schulz, mantan presiden Parlemen Eropa mengatakan ia merasa lega karena partai pimpinan Wilders kalah dalam pemilu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com