Kompas.com - 14/03/2017, 16:18 WIB
EditorErvan Hardoko

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Hingga Senin (13/3/2017) tengah hari waktu AS, Donald Trump menghabiskan 15 persen waktunya sebagai presiden di properti milik pribadinya.

Sebagian besar dia habiskan di Mar-a-Lago, properti miliknya di Palm Beach, Florida. Selain itu, Trump juga makan malam di hotel miliknya di Washington DC dan sepanjang akhir pekan berada di Trump National Golf Club, Virginia.

Di padang golf miliknya itu, Trump menggelar rapat kabinet terbatas pada Sabtu (11/3/2017).

Menurut analisa harian The Washington Post, selama satu bulan pertama menjadi presiden, Trump menghabiskan 186 jam dari 1.248 jam kerjanya di properti pribadinya.

Sebagian besar kunjungan ke properti pribadinya itu terjadi pada akhir pekan, dan terkadang diperpanjang hingga ke hari kerja.

Kebiasaan ini masih akan berlanjut pada April, sebab Trump berencana akan bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di Mar-a-Lago pada 6-7 April mendatang.

Meski Trump menyatakan mundur dari posisinya dalam Trump Organization, tetapi keterkaitannya dengan Mar-a-Lagi dan properti lainnya masih sangat nyata.

Dalam situs resmi Mar-a-Lago, kata sambutan Trump masih ditayangkan di laman untuk para anggotanya.

Tak lama sebelum Trump menjadi presiden, uang iuran untuk anggota baru Mar-a-Lago dinaikkan dua kali lipat menjadi 200.000 dolar AS.

Kebiasaan Trump menggelar urusan kepresidenan di tempat itu juga menimbulkan pertanyaan dan masalah keamanan.

Para analis dari Politico memperkirakan setiap kali Trump datang ke Mar-a-Lago maka dibutuhkan biaya pengamanan tak kurang dari 3 juta dolar.

Sejak Trump menjadi presiden, pencarian internet terkait Mar-a-Lago meningkat. Peningkatan semakin tajam setelah PM Jepang Shinzo Abe datang ke tempat itu.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.