Kompas.com - 14/03/2017, 15:15 WIB
EditorErvan Hardoko

KOMPAS.com - Vienna, ibu kota Austria yang terletak di tepian Sungai Danube, didaulat menjadi kota dengan kualitas hidup terbaik selama delapan tahun berturut-turut.

Daftar kota dengan kualitas terbaik ini disusun firma konsultasi sumber daya manusia Mercer yang berbasis di New York. Firma ini meneliti 221 kota di seluruh dunia.

Di peringkat 10 besar kota-kota dengan kualitas hidup terbaik di dunia masih didominasi kota-kota di Eropa.

Di peringkat kedua ditempati Zurich, Swiss yang disusul Munich (4), Dusseldorf (6), Frankfurt (7), Geneva (8), Kopenhagen (9), dan Basel (10).

Kota-kota non-Eropa yang masuk peringkat 10 besar terbaik adalah Auckland, Selandia Baru di peringkat 3 dan Vancouver, Kanada di posisi kelima.

Sedangkan Singapura menduduki peringkat 25 sekaligus menjadi kota di Asia dengan peringkat tertinggi. Sementara Montevideo (Uruguay) duduk di peringkat 79 dan menjadi yang terbaik di Amerika Selatan.

Reuters/Al Arabiya Pemandangan kota Baghdad, Irak yang dibelah Sungai Tigris.

Di Asia, lima kota Jepang yaitu Tokyo (43), Kobe (50), Yokohama (51), Osaka (60), dan Nagoya (63) menduduki peringkat atas di Asia.

Sementara Jakarta berada di peringkat ke-143, kalah dari Bangkok (131) dan Manila (135). Sedangkan kota Asia dengan kualitas hidup terburuk adalah Dhaka, Banglades yang menduduki peringkat 214 alias hampir di dasar klasemen.

Jika ada kota terbaik maka dipastikan di sisi lain terdapat kota dengan kualitas hidup terburuk. Sekali lagi Baghdad, Irak menjadi yang terburuk sejak kekerasan sektarian melanda negeri itu pada 2003.

Sedangkan Damaskus, Suriah menduduki peringkat ketujuh terbawah bersama Bangui (Republik Afrika Tengah), Sana'a (Yaman), Port-au-Prince (Haiti), dan N'Djamena (Chad).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Al Arabiya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.