Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/03/2017, 10:21 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

TORONTO, KOMPAS.com - Omar Khadr, mantan narapidana di penjara Guantanamo, menjalani proses operasi bahu selama 19 jam di RS Universitas Alberta, Toronto, Kanada.

Menurut keterangan pengacara Omar Khadr, Dennis Edney, kliennya kini dalam masa pemulihan pasca-operasi. Demikian diberitakan AP, Senin waktu setempat.

Omar Khadr menjalani operasi rumit pada Jumat lalu, menyusul cidera parah yang dialaminya sebelum dia ditangkap di Afganistan, tahun 2002.

Dennis Edney adalah seorang pengacara yang bekerja untuk mengamankan proses pembebasan Omar Khadr dari pusat detensi Amerika Serikat, yang berada di Teluk Kuba tersebut.

Dia juga yang memperjuangkan agar Khadr bisa hidup dan menetap di Kanada selepas pembebasannya.

Edney mengatakan, Khadr berada di ruang perawatan intensif dan belum disebutkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pemulihan pria berusia 30 tahun itu.

Lelaki timur tengah kelahiran Kanada tersebut berumur 15 tahun ketika ditangkap pasukan AS di Afganistan.

Penangkapan terjadi menyusul operasi penumpasan kelompok teroris Al Qaeda yang digelar AS menyusul tewasnya anggota pasukan khusus AS untuk bidang medik, Sersan I Christopher Speer.

Khadr, diduga menjadi pelaku pelemparan granat yang menewaskan Speer. Dia lalu dibawa ke Guantanamo, dan kemudian didakwa dengan pasal kejahatan perang oleh komisi militer AS.

Dia dinyatakan bersalah atas dakwaan itu pada tahun 2010, dan divonis sembilan tahun penjara.

Dia kembali ke Kanada pada 2012 untuk melanjutkan masa hukumannya dan kemudian dibebaskan pada Mei 2015 sambil menunggu proses banding atas kasusnya.

Pasalnya, Khadr mengaku penyataannya kala itu dilakukan dengan di bawah paksaan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.