Kompas.com - 14/03/2017, 05:45 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump berencana untuk bertanya kepada Kanselir Jerman Angela Merkel mengenai pengalamannya menghadapi Presiden Rusia Vladimir Putin.

Kesempatan itu akan tiba saat Merkel berkunjung ke Gedung Putih pada akhir minggu ini.

Pertemuan yang awalnya dijadwalkan hari Selasa (14/3/2017) akan berlangsung hari Jumat (17/3/2017), menyusul badai salju yang menghantam kawasan Washington mulai Senin malam.

Pejabat senior pemerintahan, hari Jumat mengatakan Trump akan sangat tertarik untuk mengetahui pendapat Kanselir Jerman tersebut.

Sementara, di saat yang bersamaan Trump harus bersiap-siap untuk terlibat dengan pemimpin Rusia itu.

Para pengecam dari kedua sisi kawasan Atlantik curiga dengan apa yang mereka anggap sebagai sikap naif Trump soal Putin. Hal itu khususnya berkaitan dengan upaya Rusia untuk mempengaruhi pemilu presiden AS tahun 2016.

Namun, empat pejabat yang memberi penjelasan singkat kepada wartawan menjelang pertemuan 17 Maret itu mengatakan Presiden Trump ingin menyisihkan perbedaan dengan Merkel.

Perbedaan itu ramai diberitakan, dan kini Trump ingin mencari persamaan kuat mengenai isu-isu, mulai dari perdagangan sampai perang siber, hingga invasi Rusia terhadap Ukraina.

Selama kampenye kepresidenannya Trump menuduh Merkel “merugikan Jerman” dengan kebijakan yang menyambut pengungsi dalam jumlah besar.

Kanselir yang dikenal punya hubungan erat dengan Presiden Barack Obama itu, mengecam larangan perjalanan sementara Trump dan mengatakan tidak ada pembenaran untuk menempatkan asal atau kepercayaan tertentu dalam kecurigaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.