Kompas.com - 13/03/2017, 17:57 WIB
EditorErvan Hardoko

PARIS, KOMPAS.com - Pemerintah kota Paris, Minggu (12/3/2017), mengatakan telah menyediakan anggaran sebesar 1,5 juta euro atau sekitar Rp 21 miliar untuk membasmi tikus di kota itu.

Dalam wawancara dengan mingguan Journal du Dimanche, wali kota Paris Anne Hidalgo mengungkapkan 10 rencana pembersihan kota.

Beberapa hal yang akan dilaksanakan adalah menambah jumlah petugas kebersihan dan pengawas kesehatan, menambah jam pengangkutan sampah, dan mendesak restoran serta bangunan lain menyediakan asbak di pintu-pintu masuk.

Menurut data pemerintah kota, para pekerja kebersihan setiap tahun mengumpulkan lebih dari 150 ton puntung rokok di ibu kota Perancis itu.

"Kami sudah mengalokasikan 500 juta euro setahun untuk menajemen kebersihan dan pengelolaan sampah. Kini situasi jauh meningkat," ujar Hidalgo.

"Namun, sangat jelas bahwa Paris belum bersih sempurna," tambah dia.

"Saya ingin mempercepat, meningkatkan upaya. Kebersihan adalah prioritas utama," lanjut Hidalgo.

Di sebuah kota yang beradab, tambah Hidalgo, masalah kebersihan merupakan tanggung jawab bersama seluruh warga kota.

"Di Tokyo, semua bersih dan tak ada tong sampah, sebab semua orang menunggu hingga tiba di rumah untuk membuang sampah," ujar dia.

Pada Desember lalu, pemerintah Paris dikecam dan dianggap gagal menjaga kebersihan kota sebelum menggelar kampanye "perang melawan tikus".

Halaman:


Video Pilihan

Sumber AFP

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.