Kompas.com - 11/03/2017, 14:08 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

NEW YORK, KOMPAS.com  - Tak ada bukti yang menunjukkan kelompok teroris Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) menggunakan senjata kimia dalam sebuah serangan di Mosul, Irak.

Pernyataan ini diungkapkan Duta Besar Irak untuk Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) Mohamed Alhakim, di New York, Jumat (10/3/2017) waktu setempat.

Mohamed Alhakim berbicara kepada wartawan menjelang pertemuan tertutup Dewan Keamanan PBB, terkait dugaan penggunaan senjata kimia tersebut.

Sesi ini merupakan kelanjutan dari apa yang disampaikan Alhakim kepada pejabat di Baghdad dan informasi kepada Kepala Perlucutan PBB Kim Won-soo terkait minimnya bukti awal.

Dugaan itu muncul dalam serangan yang terjadi pekan lalu di sebelah timur Mosul. Di kawasan yang telah dinyatakan dikuasai penuh oleh pasukan Irak pada Januari lalu.

Serangan tersebut terjadi di perkampungan yang berada di pinggiran Sungai Tigris, yang memisahkan kota itu menjadi dua.

Sejumlah dokter di unit gawat darurat pada rumah sakit terdekat di Kota Irbil mengaku menerima sejumlah pasien dalam kondisi seperti terkena senjata kimia, Kamis lalu.

Namun Alhakim mengatakan, "sungguh tak ada bukti yang kuat bahwa teroris ISIS menggunakan senjata kimia."

Jika ada penggunaan senjata macam itu, kata dia, maka akan ada korban dan sisa-sisa material yang tertinggal di lokasi tersebut.

"Tapi kami tak menemukan apa pun dari operasi yang digelar di Mosul, hasil itulah yang kami peroleh," tegasnya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.