Kompas.com - 09/03/2017, 22:35 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

MOSUL, KOMPAS.com - Pemimpin kelompok teroris Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) Abu Bakr al-Baghdadi melarikan diri dari wilayah Mosul, Irak.

Dia meninggalkan para komandannya yang sedang terdesak oleh serangan militer Irak yang dibantu serangan udara pasukan Amerika Serikat.

Ketika pasukan Irak mengintensifkan serangan untuk mengambil alih Mosul, Kantor Kementerian Pertahanan AS menyebut Baghdadi langsung melarikan diri agar tak terjebak di dalam. 

Ini merupakan sinyal terbaru bahwa ISIS telah merasakan tekanan hebat dari serangkaian serangan, dan kehilangan banyak wilayah kekuasaan di Irak dan Suriah. 

Kepada wartawan di Washington, Kantor Kementerian Pertahanan AS menyebut Baghdadi sudah kabur meninggalkan Mosul sebelum pasukan Irak mengambil alih wilayah itu, pada awal bulan lalu.

Diberitakan AFP, Kamis (9/3/2017), kondisi itu telah mengisolasi para teroris di dalam kota. 

"Dia sebelumnya berada di Mosul, namun di saat yang sama ketika serangan mulai dilancarkan dia pergi. Dia pergi sebelum kami mengisolasi Mosul dan Tal Afar."

"Dia mungkin memberikan panduan strategis dan meninggalkannya kepada para komandannya."

Baghdadi, yang mendeklarasikan kekhalifahan lintas negara di masjid Mosul pada 2014, melalui sebuah pesan suara di bulan November memaksa para pendukungnya untuk mempertahankan kota itu.

Saat itu dia menyebut lebih baik berjuang hingga mati, ketimbang mundur dan kabur dengan rasa malu.

Kini, bak "menjilat ludah sendiri", gembong teroris itu melarikan diri dari gempuran pasukan Irak.

Irak telah meluncurkan serangan mengambil alih Mosul dengan menerjunkan puluhan ribu tentara, polisi dan milisi sejak Oktober lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.