Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Landasan Pacu Berlubang, Bandara Internasional Abuja Ditutup

Kompas.com - 09/03/2017, 15:53 WIB

ABUJA, KOMPAS.com - Nigeria menutup bandara internasional Abuja selama enam pekan agar perbaikan landasan pacu yang rusak parah bisa dilakukan.

Penutupan bandara ini dilakukan setelah sejumlah maskapai penerbangan mengancam akan menghentikan rute mereka ke Abuja karena minimnya jaminan keamanan.

Saat ini, bagi mereka yang akan bepergian ke Abuja maka disarankan terbang ke kota Kaduna yang terletak 190 kilometer sebelah utara ibu kota Nigeria itu.

Namun, hampir semua maskapai penerbangan menolak terbang ke Kaduna kecuali Ethiopian Airlines yang bersedia terbang ke kota yang dikenal banyak mengalami kasus penculikan.

Bagi para penumpang ke Abuja, pemerintah Nigeria menyediakan situs internet khusus agar mereka bisa mendaftar untuk mendapatkan layanan bus gratis dari Kaduna.

"Landasan pacu di bandara Abuja rusak parah sehingga memerlukan rekonstruksi serius," demikian pemerintah Nigeria.

"Perbaikan tak bisa dilakukan saat malam hari saja. Selama ini perbaikan memang dilakukan malam hari tetapi metode itu kini sudah tak bisa dilakukan lagi," tambah pemerintah.

Landasan pacu bandara Abuja memang sangat buruk. Terdapat dua lubang besar di landasan pacu ditambah sejumlah retakan dan permukaan yang bergelombang.

Pada Agustus tahun lalu, roda pesawat milik South African Airlines hancur saat mendarat tepat di lubang landasan pacu.

Meski tak ada korban dalam insiden tersebut, pesawat itu harus menjalani perbaikan dan tak bisa beroperasi selama empat hari.

Namun, masalah keamanan menjadi kekhawatiran utama di Kaduna. Selain itu fasilitas yang kurang memadai di bandara Kaduna juga menjadi problem tersendiri.

Henrietta Yakubu dari otorita penerbangan federal Nigeria mengatakan, pemerintah memastikan bahwa keamanan dan kenyamanan penumpang dari Kaduna menuju Abuja akan terjamin.

"Kepala kepolisian menjamin bahwa setiap bus yang membawa penumpang pesawat akan dikawal polisi di depan dan belakang," ujar Henrietta.

"Pos polisi juga akan didirikan setiap kilometer di ruas jalan antara Kaduna dan Abuja," tambah dia.

Meski kurang aman, Kaduna menjadi lokasi terdekat dari Abuja. Kota komersial Nigeria, Lagos, memang memiliki bandara yang modern tetapi kota itu berjarak 12 jam perjalanan darat dari Abuja.

Selain itu, meski situasi kota jauh lebih aman, kondisi jalan raya antara Abuja dan Lagos sangat buruk.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com