Kompas.com - 07/03/2017, 12:04 WIB
EditorErvan Hardoko

NEW DELHI, KOMPAS.com - Angkatan laut India akhirnya mengakhiri tugas aktif kapal induk tertua di dunia INS Viraat.

INS Viraat sudah bertugas bersama AL India selama 36 tahun. Sebelumnya, kapal itu adalah milik AL Inggris selama hampir tiga dekade.

Sehingga secara total, INS Viraat sudah berlayar di seluruh dunia selama 56 tahun sejak pertama bertugas pada 1959.

"Saat kapal itu kami beli dari Inggris, India awalnya berencana hanya menggunakannya selama lima tahuh. Nyatanya, malah sampai 30 tahun," kata Laksamana Madya, Girish Luthra.

Menteri pertahanan India Manohar Parrikar, kepala staf AL India S Lamba, dan sejumlah undangan dari manca negara hadir dalam upacara pembebasan tugas INS Viraat pada Senin (6/3/2017).

Selama bertugas, INS Viraat pernah mengangkut berbagai jenis jet tempur seperti Sea Harrier, White Tigers, Sea King 42B, Sea King 42C, dan helikopter Chetak.

Jarak yang ditempuh INS Viraat selama bertugas sama dengan 27 kali keliling dunia, menghabiskan 2.250 hari di lautan, dan berlayar sejauh 588.288 mil laut.

Salah satu operasi militer yang paling dikenang yang pernah dilakukan INS Viraat termasuk perang Falkland dan Operasi Jupiter setelah putusnya kesepatakan India-Sri Lanka pada Juli 1989.

Setelah pensiun belum jelas nasib kapal bersejarah itu. Kapal ini bisa difungsikan sebagai museum atau hotel.

Namun, jika dalam empat bulan tak ada pihak ketiga yang mau membeli kapal ini maka INS Viraat akan dibongkar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.