Kompas.com - 06/03/2017, 20:47 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

SEOUL, KOMPAS.com - Pemerintah Korea Utara, Senin (6/3/2017), menyatakan bakal mengusir Duta Besar Malaysia dari Pyongyang.

Hal ini merupakan langkah balasan setelah hal serupa dilakukan Pemerintah Kerajaan Malaysia terhadap Duta Besar Korut di Kuala Lumpur.

Baca: Jelang Angkat Kaki dari Kuala Lumpur, Dubes Korut Serang Malaysia

Hubungan kedua negara memburuk menyusul kasus pembunuhan kakak tiri pemimpin Korut Kim Jong Un, Kim Jong Nam, di Bandara Internasional Kuala Lumpur sekitar tiga pekan silam.

"Kementerian Luar Negeri Korut telah mengeluarkan sikap dengan menetapkan Duta Besar Malaysia dalam status persona non grata," demikian diwartakan kantor berita KCNA yang dikutip AFP.

Persona non grata adalah label paling buruk yang disematkan kepada diplomat yang tidak disenangi atau paling tidak disukai oleh suatu negara sahabat.

Selanjutnya, Dubers Malaysia diberi tenggat selama 48 jam untuk meninggalkan Pyongyang.

Dalam laporan yang dilansir KCNA disebutkan, sikap ini diambil Korut setelah Dubes Korut di Malaysia Kang Chol terbang kembali ke Pyongyang dari Kuala Lumpur, hari ini.

Sebelumnya, Duta Besar Malaysia di Korut telah lebih dulu dipanggil pulang untuk sebuah konsultasi menyusul kasus pelik yang melibatkan kedua negara, sejak beberapa waktu lalu. 

Baca: Terkait Kasus Kim Jong Nam, Malaysia Panggil Dubesnya di Pyongyang

Akhir pekan lalu, di Kuala Lumpur, Kementerian Luar Negeri Malaysia pun telah menyatakan bahwa Duta Besar Korut di Malaysia ditetapkan dalam status persona non grata.

"Aksi resiprositas atau timbal balik macam ini adalah normal dalam diplomasi," ungkap Direktur Jenderal Kementerian Malaysia, Raja Nurshirwan menanggapi kabar itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.