Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentara Irak Tangkap Pria yang Diduga Sepupu Pemimpin ISIS

Kompas.com - 06/03/2017, 12:56 WIB

MOSUL, KOMPAS.com - Pasukan Irak yang tengah berupaya merebut kembali sisi barat kota Mosul menangkap seorang pria yang diyakini sebagai sepupu Abu Bakar al-Baghdadi, pemimpin ISIS.

Menurut sejumlah media Irak, pria yang tak disebutkan namanya itu ditangkap kepolisian federal Irak di wilayah Jawsaq, Mosul, Jumat (3/3/2017).

"Dia ditangkap setelah polisi menerima informasi intelijen yang akurat. Dia kini sudah dipindahan ke lokasi rahasia untuk menjalani pemeriksaan," demikian sejumlah media Irak.

Menurut sejumlah foto yang diambil dari sebuah rekaman video, pria berjanggut merah itu terlihatdalam kondisi diborgol dan digiring beberapa orang polisi.

Wilayah Jawsaq sendiri sudah dibebaskan pasukan Irak ada Senin (6/3/2017) dengan menewaskan sedikitnya 50 orang anggota ISIS.

Sejak Oktober tahun lalu, Irak menggelar operasi militer untuk merebut kembali Mosul, kota terbesar kedua di negeri itu, yang diduduki ISIS.

Setelah pertempuran brutal selama empat bulan, pasukan federal Irak berhasil merebut sisi timur kota yang terbelah Sungai Tigris itu.

Pada pertengahan Februari, operasi militer baru digelar untuk merebut sisi barat Mosul yang berpenduduk lebih padat itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com