Tentara Irak Tangkap Pria yang Diduga Sepupu Pemimpin ISIS - Kompas.com

Tentara Irak Tangkap Pria yang Diduga Sepupu Pemimpin ISIS

Kompas.com - 06/03/2017, 12:56 WIB
Al Arabiya Pria berjanggut merah inilah yang diduga sepupu Abu Bakar al-Baghdadi.

MOSUL, KOMPAS.com - Pasukan Irak yang tengah berupaya merebut kembali sisi barat kota Mosul menangkap seorang pria yang diyakini sebagai sepupu Abu Bakar al-Baghdadi, pemimpin ISIS.

Menurut sejumlah media Irak, pria yang tak disebutkan namanya itu ditangkap kepolisian federal Irak di wilayah Jawsaq, Mosul, Jumat (3/3/2017).

"Dia ditangkap setelah polisi menerima informasi intelijen yang akurat. Dia kini sudah dipindahan ke lokasi rahasia untuk menjalani pemeriksaan," demikian sejumlah media Irak.

Menurut sejumlah foto yang diambil dari sebuah rekaman video, pria berjanggut merah itu terlihatdalam kondisi diborgol dan digiring beberapa orang polisi.

Wilayah Jawsaq sendiri sudah dibebaskan pasukan Irak ada Senin (6/3/2017) dengan menewaskan sedikitnya 50 orang anggota ISIS.

Sejak Oktober tahun lalu, Irak menggelar operasi militer untuk merebut kembali Mosul, kota terbesar kedua di negeri itu, yang diduduki ISIS.

Setelah pertempuran brutal selama empat bulan, pasukan federal Irak berhasil merebut sisi timur kota yang terbelah Sungai Tigris itu.

Pada pertengahan Februari, operasi militer baru digelar untuk merebut sisi barat Mosul yang berpenduduk lebih padat itu.


EditorErvan Hardoko
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X