Kompas.com - 05/03/2017, 15:06 WIB
EditorPascal S Bin Saju

MANILA, KOMPAS.com – Jenazah seorang sandera Jerman yang pekan ini dipenggal oleh militan Islam Abu Sayyaf, yang pro-kelompok ISIS di Filipina selatan telah ditemukan.

Aparat militer Filipin, mengatakan, jenazah Jurgen Kantner, sandera Jerman, dibawa dari pulau Sulu dan akan dikirim kembali ke Jerman, hari Minggu ini.

Kantner diculik dari kapal pesiarnya pada bulan November lalu. Abu Sayyaf, militan pro-kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS mengaku sebagai pelakunya.

Isterinya, Sabine Merz, ditemukan tewas tertembak di atas kapal mereka yang terombang-ambing di lautan, bulan itu juga.

Februari lalu, sebuah video yang diposting di internet menunjukkan pemenggalan Kantner oleh seorang pria yang membawa pisau.

Kementerian luar negeri Jerman mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya 'sangat terguncang oleh tindakan tidak manusiawi dan mengerikan itu.'

Abu Sayyaf adalah salah satu kelompok terkecil dan paling keras jihad di Filipina selatan. Mereka dikenal oleh tindakana-tindakan brutal mereka, termasuk pemenggalan.

Mereka telah berikrar setia kepada kelompok yang menamakan dirinya ISIS.  Ini merupakan kedua kalinya pasangan Kantner dan Merz jadi korban penculikan militan.

Sebelumnya, pada tahun 2008, mereka diculik dan ditahan selama 52 hari oleh perompak Somalia dan bebas setelah uang tebusan dibayar.

Kali ini, Abu Sayyaf dilaporkan menuntut tebusan sebesar 600.000 atau sekitar Rp 8 miliar untuk pembebasan Kantner, namun batas waktu pembayaran berakhir pada Minggu (26/2/2017).

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.