Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/03/2017, 23:02 WIB

Putri-putri Arab Saudi kerap kali menjadi sorotan publik atau media arus utama.

Selain karena memang dipandang cantik jelita, putri-putri Arab Saudi ini juga memiliki harta melimpah dan bagaikan hidup dalam dongeng.

Bagaimana kehidupan putri-putri Arab Saudi ini sesungguhnya?

Mereka ada yang bercerai, penekun dunia fesyen dan ada juga berambut seperti laki-laki, sehingga dijuluki si ramut pixie.

Bertemu pangeran

Setelah orangtuanya bercerai, Putri Ameerah binti Aidan bin Nayef Al Taweel Al Otaibi dibesarkan ibu dan kakek-neneknya di Riyadh.

Ia menikah dengan Pangeran Alwaleed bin Talal, keponakan mantan Raja Arab Saudi, almarhum Abdullah bin Abdulaziz al-Saud,  sekaligus saudara tiri Raja Arab Saudi saat ini Salman bin Abdulaziz al-Saud.  Keduanya bercerai pada tahun 2013.

Harta melimpah tak membuat Putri Ameerah sering berleha-leha.  

Ia pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Yayasan Alwaleed bin Talal yang bergerak dalam bidang kemanusiaan, seperti mengatasi kemiskinan, edukasi, dan pemberdayaan pemuda dan perempuan.

Perempuan kelahiran 1983 ini merupakan lulusan terbaik Universitas New Haven.

Selain terkenal gemar beramal dan membantu orang tidak mampu, Putri Ameerah juga disorot karena kenekatannya memerangi diskriminasi gender alias perang melawan tabu.

Ia mendorong kesetaraan hak antara perempuan dan laki-laki, misalnya menentang larangan bagi perempuan untuk menyetir kendaraan di Arab Saudi.

Ameerah juga berjuang agar perempuan di negerinya, Arab Saudi, tak lagi jadi warga kelas dua.

DW/Getty Images Putri Deena Aljuhani Abdulaziz dari Arab Saudi, si rambut pixie. Jika banyak putri digambarkan berambut panjang, ia setia berambut pendek, melengkapi gayanya yang mengikuti perkembangan mode dunia.
Nikahi keturunan raja

Putri Deena Aljuhani Abdulaziz merupakan istri Sultan bin Fahad bin Nasser bin Abdulaziz, keturunan mantan Raja Arab Saudi, Aziz bin Abdul Rahman Al Saud.

Halaman:
Sumber DW
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com