Kompas.com - 28/02/2017, 18:17 WIB
EditorPascal S Bin Saju

SEOUL, KOMPAS.com - Aparat intelijen Korea Selatan memastikan, empat pria yang diduga terlibat di dalam pembunuhan Kim Jong Nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, adalah mata-mata Pyongyang.

Menurut investigasi Kepolisian Diraja Malaysia, Jong Nam tewas setelah terpapar zat saraf mematikan, jenis VX, di Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) 2 pada Senin (13/2/2017).

VX dikategorikan sebagai "senjata pemusnah massal" oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Jong Nam menghembuskan napas terakhir setelah dua perempuan, yakni Siti Aisyah dari Indonesia dan  Doan Thi Huong dari Vietnam, mengusap racun saraf mematikan ke wajah korban.

Kepada polisi, baik Siti maupun Doan, mengaku mereka tengah ambil bagian dalam acara lucu-lucuan untuk TV dan juga mengaku sadar menggunakan racun syaraf mematikan itu.

Informasi yang diperoleh BBC menyebutkan empat pria Korut duduk di kafe tak jauh dari lokasi serangan terhadap Jong Nam di area terminal keberangkatan KLIA 2.

Para pejabat intelijen Korsel kepada anggota parlemen di Seoul mengatakan, empat dari tujuh tersangka kasus tewasnya Jong Nam bekerja untuk kementerian keamanan Korut.

Polisi Malaysia telah menangkap pria Korut bernama Ri Jong Chol beberapa hari setelah tewasnya Jong Nam.

Enam pria lain sudah dinyatakan sebagai tersangka atau diduga terlibat kasus ini.

Empat pria di antaranya meninggalkan KLIA 2 segera setelah Jong Nam diserang dengan zat saraf VX.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.