Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilarang Masuk ke AS, Sutradara Suriah Batal Hadiri Ajang Oscar

Kompas.com - 25/02/2017, 21:04 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Satu lagi kandidat peraih Oscar tak bisa hadir dalam acara itu karena dilarang masuk ke Amerika Serikat.

Khaled Khatib (21), sutradara asal Suriah, di menit-menit terakhir dilarang terbang ke Los Angeles untuk menghadiri ajang Academy Awards, Minggu (26/2/2017).

Film karya Khaled, The White Helmets dinominasikan dalam katagori film dokumenter. Film ini mengisahkan brutalnya perang saudara di Suriah.

Khaled seharusnya terbang ke Los Angeles menggunakan maskapai Turkish Airlines, tetapi kemudian tak mendapatkan izin karena "informasi buruk" tentang latar belakangnya.

Sejauh ini departemen keamanan dalam negeri AS menolak menjelaskan alasan tak memberikan izin masuk bagi Khaled.

Suriah menjadi satu dari tujuh negara yang menjadi sasaran perintah eksekutif Donald Trump.

Namun, perintah eksekutif itu sudah dibatalkan pengadilan, sehingga ada harapan Khaled bisa mendapatkan izin masuk ke wilayah AS.

Dilarangkan Khaled masuk ke AS ini hanya berselang beberapa pekan setelah seorang sutradara asal Iran mengalami nasib serupa.

Asghar Farhadi dinominasikan dalam katagori film berbahasa asing terbaik untuk karyanya The Salesman.

Film ini berkisah soal hubungan pasangan suami istri yang terganggu setelah orang asing mengejutkan sang istri di kamar mandi.

Film karya Farhadi ini akan ditampilkan di London dalam sebuah pemutaran perdana yang dihadiri sejumlah insan perfilman Inggris  serta wali kota Sadiq Khan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com