Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Racun VX yang Digunakan Membunuh Kim Jong Nam?

Kompas.com - 24/02/2017, 15:36 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com — Sesudah hampir dua pekan pembunuhan Kim Jong Nam, polisi Malaysia mengumumkan bahwa racun yang digunakan untuk membunuh kakak tiri pemimpin Korea Utara itu adalah VX, zat pemusnah massal yang dilarang PBB.

Saddam Hussein pernah pula dituduh menggunakan racun VX saat melakukan pembunuhan massal terhadap warga sipil Kurdi dalam serangan di Halabja pada 1988.

Apa sebenarnya racun VX? Inilah sembilan hal yang perlu kita ketahui tentang zat maut itu:

  •     Merupakan zat yang jernih, berwarna jingga, cairan berminyak berasa dan tak berbau.
  •     Merupakan zat paling mematikan di antara semua zat kimia beracun yang digunakan sebagai senjata kimia. Satu tetes VX pada kulit bisa berakibat fatal. Zat ini bisa membunuh manusia dalam hitungan menit.
  •     Cara kerjanya adalah merembes masuk tubuh lewat kulit dan mengacaukan sistem saraf.
  •     Bisa disebarkan dengan semprotan atau uap, atau dengan mencampurkannya ke dalam air, makanan, atau produk pertanian.
  •     VX bisa diserap tubuh karena diisap, ditelan, sentuhan kulit, atau sentuhan pada mata.
  •     Pakaian atau kain bisa membawa VX selama sekitar 30 menit sesudah terkena uapnya, dan bisa menjalar pada orang lain.
  •     Terkena zat VX dalam dosis kecil atau sedang dengan mengisap, menelan, atau lewat kulit bisa menyebabkan gejala seperti hidung berair, mata perih, pandangan buram, air liur tak terkendali, keringat berlebihan, dada sesak, sulit bernapas, sering buang air kecil, gelisah, mengantuk, lesu, mual, atau muntah-muntah.
  •     Nama resmi zat ini adalah S-2 Diisoprophylaminoethyl methylphosphonothiolate dan dilarang PBB melalui Konvensi tentang Senjata Kimia tahun 1993.

Sumber: CDC, The Wednesday Report

Kim Jong Nam meninggal dunia dalam perjalanan ke rumah sakit pada 13 Februari lalu.

Beberapa orang sudah ditahan terkait dengan insiden ini, salah satunya adalah Siti Aisyah, warga Indonesia.

Siti Aisyah dan seorang perempuan Vietnam dituduh menyergap Kim, lalu mengoleskan kain yang sudah dilumuri zat VX itu ke wajah Kim Jong Nam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com