Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AD Turki Perkenankan Personel Perempuan Kenakan Hijab

Kompas.com - 22/02/2017, 20:52 WIB

ISTANBUL, KOMPAS.com - Angkatan darat Turki mencabut larangan para perwira perempuan mengenakan hijab. Demikian dikabarkan kantor berita Anadolu, Rabu (22/2/2017).

Langkah yang diambil kementerian pertahanan ini akan diterapkan bagi para personel perempun yang bertugas di markas komando dan staf umum militer.

Personel perempuan boleh mengenakan hijab di bawah topi atau baret mereka selama warna hijab itu senada dengan seragam dan tidak menutupi wajah.

Reformasi ini akan diterapkan begitu diumumkan dalam lembaran negara. Sejauh ini belum diketahui apakah hijab juga bisa dikenalan personel perempuan yang menjalankan fungsi tempur.

Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang salah satu pendirinya adalah Presiden Reep Tayyip Erdogan sudah lama mengusukan pencabutan larangan perempuan mengenakan hijab.

Pada 2010, pemerintah Turki mencabut larangan mahasiswi mengenakan hijab di kampus. Kemudian, mahasiswi diperkenankan mengenakan hijab di institusi pemerintah pada 2013 dan di SMA pada 2014.

Dan sebelum keputusan untuk personel angkatan darat, para polisi perempuan sudah terlebih dahulu diperkenankan mengenakan hijab sebagai bagian dari seragam mereka.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com