Kompas.com - 22/02/2017, 20:52 WIB
EditorErvan Hardoko

ISTANBUL, KOMPAS.com - Angkatan darat Turki mencabut larangan para perwira perempuan mengenakan hijab. Demikian dikabarkan kantor berita Anadolu, Rabu (22/2/2017).

Langkah yang diambil kementerian pertahanan ini akan diterapkan bagi para personel perempun yang bertugas di markas komando dan staf umum militer.

Personel perempuan boleh mengenakan hijab di bawah topi atau baret mereka selama warna hijab itu senada dengan seragam dan tidak menutupi wajah.

Reformasi ini akan diterapkan begitu diumumkan dalam lembaran negara. Sejauh ini belum diketahui apakah hijab juga bisa dikenalan personel perempuan yang menjalankan fungsi tempur.

Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang salah satu pendirinya adalah Presiden Reep Tayyip Erdogan sudah lama mengusukan pencabutan larangan perempuan mengenakan hijab.

Pada 2010, pemerintah Turki mencabut larangan mahasiswi mengenakan hijab di kampus. Kemudian, mahasiswi diperkenankan mengenakan hijab di institusi pemerintah pada 2013 dan di SMA pada 2014.

Dan sebelum keputusan untuk personel angkatan darat, para polisi perempuan sudah terlebih dahulu diperkenankan mengenakan hijab sebagai bagian dari seragam mereka.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.