Kompas.com - 21/02/2017, 20:29 WIB
EditorPascal S Bin Saju

DAMASKUS, KOMPAS.com – Tiga WNI korban perdagangan orang, yang bekerja pembantu rumah tangga ilegal di Suriah, dipulangkan ke Tanah Air melewati rute tidak biasa, yaitu melalui Lebanon.

Demikian keterangan tertulis yang disampaikan pejabat Fungsi Konsuler di KBRI Damaskus, Suriah, melalui surat elektronik pada Selasa (21/2/2017) malam.

KBRI Damaskus biasanya melakukan repatriasi reguler melalui Bandara Internasional Damaskus.

Namun, Selasa ini, tiga orang WNI yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga dan diduga korban perdagangan orang itu dipulangkan melalui  Lebanon.

Ketiganya untuk sementara waktu akan tinggal di tempat penampungan (shelter) KBRI Beirut, ibu kota Lebanon, sebelum diterbangkan ke Tanah Air.

Salah seorang WNI/TKI tersebut mengalami patah tulang akibat terjatuh dari lantai empat rumah majikannya di Damaskus. Ketiganya akan diterbangkan ke Indonesia pada Sabtu, 26 Februari 2017.

Tiga perempuan WNI itu bernama Indah Irana asal Malang, Liani asal Situbondo, dan Sumarni Atun asal Lombok.

Indah dan Liani tiba di Suriah pada tahun 2016 dan dijanjikan akan dipekerjakan di Erbil Kurdistan dengan gaji antara 300-400 dollar AS atau setara Rp 4 juta hingga Rp 5,3 juta.

Ternyata keduanya dipekerjakan di Suriah setelah melalui perjalanan panjang dari Batam – Kuala Lumpur – Istanbul – Beirut – Damaskus, selama hampir satu bulan.

Sementara Sumarni Atun yang mengalami patah tulang di bagian tulang pinggul dan tulang tumit, tiba di Suriah pada tahun 2014 melalui jalur Batam – Kuala Lumpur – Aman – Damaskus.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.