Kompas.com - 21/02/2017, 17:37 WIB
EditorPascal S Bin Saju

GENEVA, KOMPAS.com - Kim Jong Nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara merasa tak berdaya dan dicekam rasa takut akan keselamatan karena terus dikejar oleh rezim adiknya, Kim Jong Un.

Itu sebabnya, Jong Nam melarikan diri dan memilih tinggal di luar negeri dan berpindah-pindah tempat, dengan terakhir memilih tinggal di Makau.

Hal itu disampaikan oleh sahabat karib Jong Nam, sebagaimana disampaikan dalam wawancara eksklusifnya dengan media Inggris, harian The Guardian.

Dalam wawancara  yang dirilis The Guardian pada Selasa (21/2/2017), teman dekat dan orang kepercayaan Jong Nam berbicara tentang kehidupan pria pewaris dinasti Korut itu  dan situasi yang menyebabkan pengasingan dan ancaman kematian.

Dalam sejumlah perjalanan ke Geneva, Swiss, selama dua tahun terakhir, terakhir kali dilakukan beberapa bulan lalu, Jong Nam mengunjungi Anthony Sahakian, seorang sahabat masa remajanya di sebuah sekolah internasional ternama di ibu kota Swiss itu.

Selama kunjungan Jong Nam, seorang mantan teman kelasnya bertemu hampir setiap hari hanya untuk sekadar menyeruput tea, mengisap cerutu dan jalan-jalan.

Bagi Sahakian, Jong Nam dikenal sebagai Lee.

Jong Nam hidup dengan pandangan bahwa adik tirinya, Jon Un, mungkin melihatnya sebagai ancaman bagi pemerintahan otokratiknya yang dipangku setelah ayah mereka, Kim Jong Il, meninggal pada tahun 2011.

“Sesungguhnya kami mendiskusikan rezim (Jong Un), saudara tirinya itu, tentang apa yang sedang terjadi di sana. Satu hal yang bisa saya pastikan, ia tidak tertarik pada kekuasaan,” kata Sahakian, pria berusia 44 tahun itu.

“Ia ingin keluar. Ia tidak pernah memiliki ambisi sedikit pun untuk berkuasa di negerinya. Ia tidak menerima atau menghargai apa yang terjadi di sana. Ia menjauhi diri dari rezim tersebut,” katanya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.