Kompas.com - 21/02/2017, 11:01 WIB
EditorPascal S Bin Saju

KOMPAS.com - Banyak yang menilai, tidak hanya para eksekutif dan pekerja profesional yang harus dipanggil ekspatriat atau ekspat.

Pembantu rumah tangga dan pekerja kelas menengah bawah lainnya juga. Lalu apa sebenarnya ekspat itu? Apa bedanya dengan imigran?

Istilah ekspatriat memiliki beragam makna. Banyak konotasi dan asumsi tentang kelas ekonomi dan pendidikan yang dibawanya.

Lalu apa yang membuat seseorang dipanggil ekspatriat, sementara orang lainnya dipanggil pekerja asing atau migran?

Ekspatriat kerap digunakan untuk menyebut seorang pekerja asing berpendidikan tinggi dan kaya.

Sementara dua istilah lainnya cenderung untuk menggambarkan pekerja kelas menengah ke bawah. Misalnya tenaga kerja asing di negara-negara Timur Tengah.

Terminologi pekerja asing atau migran ada dan digunakan untuk tujuan yang lebih politis, untuk memberikan sentimen negatif atas posisi mereka di sebuah negara.

Ketakutan terkait keamanan profesi dan sentimen-sentimen yang meliputi masalah imigrasi dan nasionalisme, memunculkan diskusi di berbagai penjuru dunia terkait siapa yang masuk kategori mana.

Namun, kunci membicarakan hal ini adalah bahwa kita sedang mengelompokkan orang-orang yang keluar dari negaranya untuk mencari pekerjaan.

Di Inggris dan Amerika, imigrasi dan perpindahaan pekerja antar negara adalah dua isu politik penting pada 2016.

Di Inggris, masalah ini digunakan sebagai senjata untuk kampanye 'Leave' atau meninggalkan Uni Eropa dalam referendum.

Sementara, masalah pekerjaan dan imigrasi menjadi kunci penting suksesnya kampanye Donald Trump pada kampanye Pilpres AS tahun 2016.

Perlunya kejelasan

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.