Kompas.com - 20/02/2017, 07:23 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

SEOUL, KOMPAS.com - Pemerintah Korea Selatan menyatakan keyakinannya bahwa Korea Utara terlibat dalam pembunuhan Kim Jong Nam.

Kim Jong Nam adalah kakak tiri Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Dia tewas dibunuh saat menunggu penerbangan di Bandara Kuala Lumpur, Malaysia, Senin pekan lalu.

“Kami percaya rejim Korut terlibat insiden ini, terlebih lagi lima tersangka berkebangsaan Korea Utara,“ tutur Jeong Joon-Hee, Minggu (19/2/2017), seperti dikutip Reuters.

Jeong adalah Jurubicara Kementerian Unifikasi Korea yang menangani hubungan dua negara tetangga itu.

Namun Jeong menolak mengelaborasi lebih jauh temuan intelijen yang didapat negaranya.

Kepolisian Malaysia telah menangkap seorang warga Korea Utara bernama Ri Jong Hol yang disebut sebagai seorang pekerja teknologi informasi dan tinggal di Kuala Lumpur.

Baca: 1 WN Korut Dibekuk Terkait Tewasnya Kim Jong Nam, 3 Lain Diburu

Sebelumnya, polisi juga menangkap seorang perempuan Indonesia dan pasangannya warga negara Malaysia, serta seorang perempuan berpaspor Vietnam. Ketiganya diduga terlibat dalam pembunuhan ini. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.