Kompas.com - 17/02/2017, 11:32 WIB
EditorErvan Hardoko

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com — Kaus bertuliskan "LOL", yang dikenakan perempuan yang diduga terkait pembunuhan kakak tiri pemimpin Korea Utara, mulai dijual di salah satu toko online terbesar China.

Belum jelas, apa daya tarik dari keterkaitan dalam pembunuhan itu, tetapi kaus tersebut kini dijual di jaringan toko online Taobao, dengan harga 6.324 yuan atau Rp 13 juta.

Aparat Malaysia sejauh ini masih menyelidiki terbunuhnya Kim Jong Nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un.

Setidaknya sudah tiga orang ditangkap. Salah satunya disebut sebagai warga Malaysia, pacarnya yang merupakan perempuan berpaspor Indonesia bernama Siti Aishah (juga ditulis Siti Aisyah), dan seorang lagi adalah perempuan Vietnam.

Foto yang diambil melalui rekaman CCTV bandara menunjukkan seorang perempuan yang dicurigai sebagai satu dari dua perempuan yang menyerang Kim Jong Nam. Ia terlihat di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA).

Tidak jelas apakah perempuan dalam rekaman CCTV itu adalah perempuan asal Vietnam atau Siti Aisyah yang berpaspor Indonesia.

Bahkan, kualitas gambar itu sendiri tidak terlalu bagus, dan resolusinya begitu rendah sehingga upaya untuk mengidentifikasi perempuan itu nyaris mustahil.

Entah apa sebabnya, kaus yang digunakan perempuan itu mendadak jadi pembicaraan di China.

Menurut surat kabar terbitan Hongkong, South China Morning Post, kaus itu dijual di situs Taobao dengan tulisan "t-shirt yang dikenakan mata-mata perempuan Korea Utara".

Namun, tak lama kemudian, foto kaus tersebut dicabut setelah beredar luas di internet.

Apple Daily memberitakan penawaran di Taobao, yang menyertakan gambar beresolusi rendah itu.

Tak ada foto kaus yang dijual, tak ada juga rincian lebih jauh. Namun, kaus itu dijanjikan tersedia dalam berbagai ukuran.

Dalam perbincangan di situs Sina Weibo, para netizen di China berdebat tentang apakah penjualan kaus itu merupakan upaya untuk mendulang rezeki dari suatu peristiwa dan berita yang menghebohkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.