Kompas.com - 16/02/2017, 14:03 WIB
EditorPascal S Bin Saju

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com – Malaysia akhirnya tunduk atas tekanan Korea Utara yang mendesak agar jenazah Kim Jong Nam, saudara tiri dari pemimpin Kim Jong Un, dipulangkan.

Meski demikian, Wakil PM Malaysia Ahmad Zahid Hamidi, Kamis (16/2/2017), mengatakan, Korut harus mengikuti beberapa prosedur.

Masih ada beberapa “prosedur yang harus diikuti” terkait pemulangan jenazah kakak tiri Jong Un tersebut, kata Ahmad sebagaimana dilaporkan Agence France-Presse.

Sebelum keputusan itu diambil, para diplomat Korut di Kedubes Korut di Kuala Lumpur berusaha menghalang-halangi petugas untuk mengautopsi jenazah kim Jong Nam.

"Kami akan memfasilitasi permintaan itu, namun ada prosedur yang harus diikuti. Kebijakan kami ialah kita harus menghormati hubungan bilateral kami dengan negara lain," kata Ahmad.

Wakil PM Malaysia menegaskan, pria yang tewas di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) pada Senin (13/2/2017) itu adalah Kim Jong Nam, saudara Kim Jong Un yang menetap di pengasingan.

Polisi Malaysi hanya menyebut bahwa pria asal Korea yang ditemukan tewas di Kuala Lumpur tersebut.

"Dia memiliki dua identitas berbeda, boleh jadi ini adalah dokumen penyamaran dan yang satunya adalah paspor asli,” kata Ahmad Zahid Hamidi.

Pria berusia 45 tahun itu diyakini masuk ke Malaysia menggunakan paspor berbama Kim Chol, nama aliasnya, menurut media Korea Selatan.

Pemimpin intelijen Korsel mengatakan, Jong Nam disuntik dengan racun oleh agen dari Kout saat berada di KLIA ketika ia sedang berjalan ke pesawat yang akan terbang ke Makau.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.