Kompas.com - 16/02/2017, 11:30 WIB
EditorPascal S Bin Saju

WASHINGTON DC, KOMPAS.com –  Presiden AS Donald Trump kembali dihadapkan dengan situasi tak menentu dalam menyusun kabinetnya.

Setelah penasihat keamanannya mundur, kini calon menteri tenaga kerja usulnya pun mengundurkan diri, seperti dilaporkan Reuters, Kamis (16/2/2017).

Andrew Puzder, calon menteri tenaga kerja yang diusulkan Trump, Rabu (15/2/2017), menyatakan  mundur dari pencalonannya untuk masuk kabinet Presiden AS yang ke-45 itu.

Sebelumnya, Senin (13/2/2017), penasihat keamanan nasional Presiden AS Donald Trump, Michael Flynn telah mengundurkan diri karena tersandung kasus hubungannya dengan pemerintah Rusia.

Keputusan Puzder untuk menarik diri itu terjadi di saat Gedung Putih masih bergulat dengan dampak pengunduran diri Flynn, yang belum sampai sebulan menduduki posisinya.

Puzder, Direktur Eksekutif CKE Restaurants, jaringan gerai makanan cepat saji termasuk Hardee dan Carl Jr, telah berada di pusat pusaran kontroversi, pengaduan, dan potensi konflik.

Ia menyatakan mundur dari pencalonan karena menghadapi penolakan dari sejumlah anggota parlemen Partai Republik sehingga peluangnya pada pemungutan suara soal pengukuhannya di tingkat Senat menjadi tipis.

"Setelah mempertimbangkan secara masak dan berdiskusi dengan keluarga, saya memutuskan untuk mundur dari pencalonan saya sebagai menteri ketenagakerjaan," katanya.

Pengunduran dilakukan Puzder satu hari sebelum ia dijadwalkan menghadiri sidang pengukuhannya di Senat, yang sedianya akan digelar pada Kamis (16/2/2017).

Sejumlah anggota Republiken telah menyatakan kekhawatiran karena Puzder tidak membayar pajak selama lima tahun bagi seorang pembantu rumah tangga (PRT), menurut laporan media setempat.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.