Kompas.com - 15/02/2017, 12:28 WIB
EditorErvan Hardoko

SRIHARIKOTA, KOMPAS.com - India sukses menjadi negara pertama di dunia yang mampu meluncurkan 104 satelit sekaligus ke orbit Bumi, Rabu (15/2/2017).

Para ilmuwan yang berkumpul di pusat peluncuran Sriharikota langsung bertepuk tangan ketika direktur Organisasi Riset Antariksa India (ISRO) mengumumkan semua satelit sudah dilepaskan dari roket peluncur.

"Saya sampaikan selamat bagi seluruh tim ISRO atas keberhasilan ini," kata Kiran Kumar, direktur ISRO.

Ucapan selamat juga datang dari PM Narendra Modi karena kini India berhasil melampaui rekor yang sebelumnya menjadi milik Rusia.

"Prestasi ini merupakan momen membanggakan bagi komunitas angkasa luar dan seluruh negara. Bangsa India bangga terhadap para ilmuwannya," ujar Modi lewat akun Twitter-nya.

Roket PSLV yang membawa ke-104 satelit itu diluncurkan pada pukul 09.28 waktu setempat dan melesat dengan kecepatan 27.000 kilometer per jam.

Setelah terbang selama 30 menit, ISRO menjelaskan, roket itu melepaskan 104 satelit yang dibawanya ke orbit Bumi.

Muatan utama roket India itu adalah satelit seberat 714 kilogram yang akan digunakan untuk penelitian Bumi.

Bersamanya, ikut diluncurkan 103 satelit kecil atau nano dengan total bobot mencapai 664 kilogram.

Hampir semua satelit nano itu milik negara lain misalnya Israel, Kazakhstan, Belanda, Swiss, Uni Emirat Arab, dan 96 berasal dari AS.

Dengan keberhasilan ini India melampaui rekor yang dipegang Rusia sejak Juni 2014 ketika berhasil meluncurkan 39 satelit dalam sekali misi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.