Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Sebulan Menjabat, Penasihat Keamanan Presiden AS Mundur

Kompas.com - 14/02/2017, 13:44 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Penasihat keamanan nasional Presiden AS Donald Trump, Michael Flynn mengundurkan diri, Senin (13/2/2017) terkait hubungannya dengan pemerintah Rusia.

Flynn menjadi pejabat tinggi AS pertama yang mengundurkan diri kurang dari satu bulan setelah Donald Trump berkuasa.

Gedung Putih dalam pernyataannya mengatakan, Presiden Trump menerima pengunduran diri Flynn itu.

Pensiunan jenderal bintang tiga tersebut dituduh telah mendiskusikan strategi sanksi AS dengan Dubes Rusia Sergey Kislyak, sebelum menjadi penasihat presiden.

Flynn, yang juga pernah menjadi kepala dinas intelijen militer ini, menegaskan dia merasa bangga berkesempatan melayani negara dalam jabatannya saat ini.

Namun, dia mengaku bahwa dia telah secara tak sengaja memberika informasi tak lengkap kepada Mike Pence, kini wakil presiden AS, terkait pembicaraannya dengan Dubes Kislyak.

Sementara itu, Wapres Pence secara terbuka membela Flynn dengan mengatakan sang pensiunan jenderal tak membicarakan sanksi, mempertaruhkan kredibilitasnya.

"Terkait pembicaraan telepon saya dengan dubes Rusia, saya sudah meminta maaf kepada presiden dan wakil presiden, dan mereka sudah menerima permintaan maaf saya," demikian isi surat Flynn yang dirilis Gedung Putih.

Sepeningal Flynn, Gedung Putih menyebut Trump sudah menunjuk Letjen Joseph Kellogg, yang saat ini menjabat panglima angkatan bersenjata, menjadi penasihat keamanan sementara.

Sebelum Flynn belum pernah ada pejabat tinggi AS yang mengundurkan diri dari jabatannya dengan sedemikian cepat. Kondisi ini menambah tekanan terhadap pemerintahan Donald Trump.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com