Kompas.com - 14/02/2017, 13:44 WIB
EditorErvan Hardoko

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Penasihat keamanan nasional Presiden AS Donald Trump, Michael Flynn mengundurkan diri, Senin (13/2/2017) terkait hubungannya dengan pemerintah Rusia.

Flynn menjadi pejabat tinggi AS pertama yang mengundurkan diri kurang dari satu bulan setelah Donald Trump berkuasa.

Gedung Putih dalam pernyataannya mengatakan, Presiden Trump menerima pengunduran diri Flynn itu.

Pensiunan jenderal bintang tiga tersebut dituduh telah mendiskusikan strategi sanksi AS dengan Dubes Rusia Sergey Kislyak, sebelum menjadi penasihat presiden.

Flynn, yang juga pernah menjadi kepala dinas intelijen militer ini, menegaskan dia merasa bangga berkesempatan melayani negara dalam jabatannya saat ini.

Namun, dia mengaku bahwa dia telah secara tak sengaja memberika informasi tak lengkap kepada Mike Pence, kini wakil presiden AS, terkait pembicaraannya dengan Dubes Kislyak.

Sementara itu, Wapres Pence secara terbuka membela Flynn dengan mengatakan sang pensiunan jenderal tak membicarakan sanksi, mempertaruhkan kredibilitasnya.

"Terkait pembicaraan telepon saya dengan dubes Rusia, saya sudah meminta maaf kepada presiden dan wakil presiden, dan mereka sudah menerima permintaan maaf saya," demikian isi surat Flynn yang dirilis Gedung Putih.

Sepeningal Flynn, Gedung Putih menyebut Trump sudah menunjuk Letjen Joseph Kellogg, yang saat ini menjabat panglima angkatan bersenjata, menjadi penasihat keamanan sementara.

Sebelum Flynn belum pernah ada pejabat tinggi AS yang mengundurkan diri dari jabatannya dengan sedemikian cepat. Kondisi ini menambah tekanan terhadap pemerintahan Donald Trump.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.