Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tembok Kaca Anti-peluru Bakal Dibangun di Sekeliling Menara Eiffel

Kompas.com - 10/02/2017, 17:58 WIB

PARIS, KOMPAS.com — Sebuah tembok yang terbuat dari kaca tahan peluru akan dibangun di sekeliling menara Eiffel, Paris, sebagai bagian dari langkah melindungi menara itu dari serangan teror.

Pembangunan tembok kaca setinggi lebih kurang tiga meter itu akan menghabiskan biaya 20 juta euro atau sekitar Rp 283 miliar.

Tembok kaca ini nantinya akan menggantikan penghalang yang terbuat dari logam sebagai perlindungan sementara yang dibangun saat Piala Eropa digelar tahun lalu.

"Kami memiliki tiga tujuan, yaitu meningkatkan penampilan, mempermudah akses, serta memperkuat perlindungan bagi pengunjung dan staf," kata Wakil Wali Kota Paris, Jean-Francois Martins.

Martins menambahkan, tembok kaca itu merupakan bagian dari sebuah proyek perbaikan bernilai 300 juta euro selama 15 tahun ke depan untuk pemeliharaan menara setinggi 324 meter itu.

Proyek itu termasuk pengelolaan ulang ruangan di bawah menara dan taman di sekitarnya, serangkaian proyek pemeliharaan, dan rencana mengurangi waktu tempuh pengunjung yang antre untuk naik ke atas menara ini.

Tembok kaca itu diharapkan mampu menahan penyerang atau kendaraan yang ditabrakkan ke arah para wisatawan di ikon kota Paris yang dikunjungi tak kurang dari tujuh juta orang setiap tahun itu.

Pengerjaan tembok kaca ini akan dimulai pada musim gugur mendatang, tetapi rencana ini harus mendapat persetujuan dari komisi lokasi bersejarah dan kementerian lingkungan.

Menara Eiffel selesai dibangun pada 31 Maret 1889 tepat pada peringatan 100 tahun Revolusi Perancis.

Saat itu, Eiffel adalah bangunan tertinggi di dunia, dan status ini bertahan hingga 41 tahun.

Menara yang dibuat dari 7.300 ton besi ini dirancang oleh arsitek Gustav Eiffel yang juga membuat Patung Liberty di New York, AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com