Kompas.com - 10/02/2017, 16:32 WIB
EditorErvan Hardoko

LONDON, KOMPAS.com — Sejumlah jet tempur AU Inggris (RAF) dikerahkan untuk mencegat pesawat-pesawat pengebom Rusia di atas Laut Atlantik Utara.

Pesawat-pesawat itu dikerahkan setelah dua pesawat pengebom strategis Tupolev Tu-160 terlihat di layar radar memasuki wilayah udara Inggris di dekat Kepulauan Shetland, Kamis (9/2/2017) pagi.

Pesawat-pesawat Rusia itu terbang dari arah timur laut lalu melintas di sisi barat Irlandia dan Perancis sebelum berbelok menuju ke pesisir Spanyol.

"Kami bisa memastikan bahwa jet Thyphoon dari pangkalan RAF di Lossiemouth dan Coningsby dikerahkan untuk mengawasi dua pengebom Blackjack selama berada di wilayah Inggris," demikian juru bicara RAF.

Sementara itu, angkatan udara Perancis dalam pernyataan terpisah mengatakan, dua jet tempur Mirage dikirim ketika dua pesawat Rusia itu melintasi wilayah Britanny setelah melewati Irlandia.

Sementara itu, sebuah jet tempur F-18 milik AU Spanyol mengawal kedua Tu-160 itu di atas Teluk Biscay setelah kedua pesawat itu berbelok dan mengarah ke utara.

Tu-160 Blackjack adalah pesawat pengebom berkecepatan supersonik yang dirancang untuk bisa membawa bom berhulu ledak konvensional dan nuklir.

Sejak 2015, pesawat-pesawat jenis ini terbang dari pangkalan-pangkalannya di Rusia untuk terlibat dalam operasi pengeboman jarak jauh di Suriah.

Pada September tahun lalu, angkatan udara Norwegia, Inggris, Perancis, dan Spanyol mengerahkan jet-jet mereka untuk mengawasi dua Tu-160 yang terbang dari Samudra Artik menuju Teluk Biscay. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Telegraph


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.