Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Gagalkan Niat Seorang Pria Bakar Diri di Dekat Kakbah

Kompas.com - 07/02/2017, 18:34 WIB

MEKKAH, KOMPAS.com — Kepolisian Arab Saudi menahan seorang pria yang diduga terganggu jiwanya ketika mencoba membakar diri di kompleks Masjidilharam di Mekkah.

"Pria warga Saudi berusia 40-an itu menyiramkan bensin ke tubuhnya dan mencoba membakar dirinya sendiri," kata juru bicara kepolisian Mekkah, Mayor Sameh al-Salami, Selasa (7/2/2017).

"Perilakunya menunjukkan bahwa dia mengalami gangguan kejiwaan," kata Al-Salami.

Peristiwa itu terjadi pada Senin (6/2/2017) malam, tak jauh dari Kakbah yang menjadi kiblat umat Muslim seluruh dunia.

Para peziarah dan polisi kemudian membawa pria itu sebelum dia sempat menyalakan api. Sejumlah foto kejadian ini tersebar di media sosial.

Sejumlah saksi mata mengatakan, pria itu juga mencoba membakar kiswah, kain sutra berwarna hitam dan emas yang menyelimuti Kakbah.

Salah seorang saksi kepada situs berita Sabq mengatakan, dia mendengar pria itu mengatakan sesuatu sebelum memulai aksinya.

Ribuan umat Islam yang selalu memadati kompleks Masjidilharam membuat pemeriksaan secara ketat sulit dilakukan.

Pada November 1979, kompleks masjid besar ini pernah diduduki lebih dari 400 orang anggota kelompok radikal pimpinan Juhayman al-Oteibi yang mengklaim diri sebagai Imam Mahdi.

Mereka sempat menyandera para anggota jemaah haji yang membuat Pemerintah Arab Saudi harus mengerahkan pasukan khususnya untuk merebut kembali kompleks keagamaan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com