Kompas.com - 04/02/2017, 09:48 WIB
EditorErvan Hardoko

PARIS, KOMPAS.com - Kepolisian Perancis mengatakan tersangka pelaku percobaan penikaman di dekat Museum Louvre, Paris, Jumat (3/2/2017), berkebangsaan Mesir.

Pria berusia 29 tahun yang diidentifikasi bernama Abdullah Reda Refaei al-Hamamy itu tiba di Perancis bulan lalu.

Al-Hammamy membawa dua tas punggung sekitar pukul 10.00 waktu setempat dan mendekati empat orang tentara yang sedang berpatroli di pusat perbelanjaan Carrousel du Louvre.

Saat melihat Al-Hamamy datang ke pusat belanja di bawah museum ternama itu, para tentara tersebut mengatakan, pria Mesir tersebut tak boleh membawa tasnya masuk.

"Saat itulah dia menghunus pisaunga dan mencoba menikam salah seorang tentara tersebut," kata Yves Lefebvre, seorang petugas polisi.

Sementara itu, Benoit Brulon, juru bicara militer Perancis yang bertugas mengamankan Paris, mengatakan, keempat tentara itu telah mencoba melumpuhkan Al-Hamamy sebelum melepaskan tembakan.

Gagal melumpuhkan dengan tangan kosong, para tentara itu melepaskan lima tembakan yang mengakibatkan pria Mesir itu terluka parah.

Sementara itu sumber kepolisian menduga, Al-Hamamy sempat berkomunikasi dengan ISIS beberapa menit sebelum dia beraksi.

Para penyidik mengatakan, pada sekitar pukul 09.31 sebuah akun Twitter dengan nama tersangka muncul di dunia maya.

Isi cuitan Al-Hamamy menjelaskan alasan tindakannya itu adalah untuk para warga Suriah dan pejuang di seluruh dunia.

Satu menit kemudian, muncul kembali cuitan Al-Hamamy yang kali ini menyebut Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Dalam akun Twitter-nya yang masih aktif hingga Sabtu dini hari, Al-Hamamy menuliskan pergerakannya dari Dubai menuju Paris pada 26 Januari lalu. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP,Telegraph
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.