Kompas.com - 03/02/2017, 07:43 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

VIRGINIA, KOMPAS.com - Departemen Pertahanan Amerika Serikat di Pentagon, Virginia, Kamis atau Jumat WIB (3/2/2017) mengumumkan pengecualian atas perintah eksekutif tentang keimigrasian yang diambil Presiden Trump akhir pekan lalu.

Pentagon merilis adanya pengecualian atas keputusan yang membekukan pemberian visa bagi warga dari tujuh negara hingga 90 hari ke depan.

Disebutkan, pembekuan itu tidak berlaku bagi orang-orang di ketujuh negara tersebut, yang pernah membantu kerja militer AS.

Seperti yang telah diberitakan, Trump memerintahkan pembekuan pemberian visa bagi warga dari Iran, Irak, Suriah, Sudan, Libya, Yaman, dan Somalia.

Baca: Trump Resmi Batasi Laju Imigran dari 7 Negara Ini  

Jurubicara Pentagon, Kapten Angkatan Laut Jeff Davis, mengatakan, Departemen Pertahanan menjamin mereka yang telah bekerja sama dengan AS, akan mendapat pertimbangan khusus terkait ketentuan itu. 

Sebelumnya, pada Senin lalu, Davis sempat memberitahu wartawan, bahwa daftar pengecualian yang sedang disusun tersebut hanya berlaku bagi warga negara Irak, dan tidak bagi negara-negara lain.

Namun, hari ini dia menegaskan, pengecualian itu pun berlaku bagi keenam negara lainnya.

Davis kemudian mengatakan, Pentagon menyambut baik keputusan ini, karena AS pun berkepentingan dengan dengan mereka yang telah memberikan bantuan untuk bisa melakukan perjalanan ke AS.

Dia menambahkan, seluruh kedutaan dan konsulat AS kini terus menjalankan proses dan mengeluarkan Visa Imigran Khusus kepada para pemohon yang memenuhi syarat. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.